Home » Playground » Serunya… Membuat Video Time Lapse

Serunya… Membuat Video Time Lapse

Pada kesempatan ini saya ingin sharing sebuah kegiatan yang lagi mengusik saya, yang pasti kegiatan ini seru banget deh. Apa itu?? Akhir-akhir ini saya lagi tergila-gila untuk membuat video time lapse. Lagi benar-benar menikmati serunya kegiatan yang satu ini.

Time lapse sebenarnya adalah cara membuat sekumpulan foto dalam rentang waktu tertentu yang kemudian dijadikan sebuah klip video pendek. Rentang waktu pemotretan umumnya berdurasi sangat lama, bahkan bisa berjam-jam. Sedangkan saat pengambilan foto dapat di buat berkala tiap beberapa detik sampai menit. Untuk lebih jelasnya lihat contoh video time lapse dibawah ini gaes.

Jadi udah kebayang dong yah apa itu time lapse? Gimana keren kan gaes? Nah buat kalian yang tertarik membuat time lapse ini ngga perlu modal mahal-mahal kok. Teman-teman ngga perlu harus beli dulu DSLR, action cam atau kamera-kamera canggih lainnya lah. Cukup memanfaatkan smartphone teman-teman untuk membuat time lapse ini. Di bawah ini saya akan berbagi tips untuk membuat video time lapse menggunakan kamera smartphone.

Tips Membuat Time Lapse Menggunakan Smartphone

Untuk membuat time lapse menggunakan smartphone alat tempur yang dibutuhkan antara lain :

  1. Yang jelas teman-teman harus punya smartphone yang memiliki kamera, kalau ngga punya pinjem dulu ke counter terdekat ya hohoho. Disini saya menggunakan Sony Xperia Acro S
  2. Mini tripod
  3. Aplikasi time lapse

Lah kok ada mini tripod Je? Fungsinya buat apa? Kan sudah saya jelaskan diatas, time lapse ini adalah video yang dibuat dari hasil jepretan kamera yang objeknya di foto secara continue dengan waktu yang cukup lama, jadi sudah jelas tripod sebagai penyangga buat smartphone kita, tapi kalau teman-teman kuat memegang smartphone beberapa jam dan ngga gemetaran sok ajah dipegang gaes huhuhuw.

Untuk aplikasi saya menggunakan Lapse It. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki fitur yang lengkap untuk membuat video time lapse. Silahkan teman-teman mendownloadnya terlebih dahulu di Playstore ataupun di Appstore dan jangan lupa langsung diinstall, jangan diumpetin di saku 

Persiapan Membuat Time Lapse

Persiapan pertama yang kita lakukan untuk membuat video time lapse adalah mengatur settingan aplikasi Lapse It terlebih dahulu. Silahkan teman-teman buka menu Settings pada aplikasi Lapse It. Ini pengaturan yang saya pakai.

Setting Lapse It
Setting Lapse It
Setting Lapse It
Setting Lapse It

Parameter yang saya ubah adalah Limit mode yang menjadi timer, settingan ini akan mengambil gambar sesuai waktu yang ditentukan. Satuan waktu yang digunakan disini adalah second yah sob. Untuk resolusi silahkan teman-teman atur sendiri, jika smartphone teman-teman mampu untuk memproses resolusi gambar yang tinggi, silahkan gunakan resolusi yang paling tinggi. Tentu hasilnya akan lebih WAW. Dan pengaturan yang paling penting sebenarnya adalah parameter dari Frame Interval-nya. Frame interval adalah settingan untuk mengambil foto per berapa detik. Disini saya menggunakan paramaternya adalah 2 detik yang artinya kamera akan mengambil 1 frame setiap dua detik. Tentu semakin sedikit frame pergerakan hasil video time lapse akan semakin halus. Silahkan teman-teman eksplor sendiri pengaturannya yah.

Lanjut langkah kedua, adalah memasangkan kamera ke mini tripodnya dan meletakkannya untuk mengambil gambar yang diinginkan. Jika sudah teman-teman cukup tekan tombol Capture yang berwarna merah dan silahkan menunggu selama waktu yang tadi sudah ditentukan untuk melihat hasil akhirnya.

mini tripod

Hasil Akhir…

Jika sudah selesai dalam pengambilan gambarnya teman-teman akan dibawa ke menu seperti ini pada aplikasi Lapse It.

Kalian bisa me-review hasilnya dengan menekan tombol play. Jika kalian kurang puas dengan hasilnya dan ingin menambahkan lebih banyak frame foto lagi, kalian bisa menekan Resume Capture untuk melanjutkan pengambilan objeknya lagi.

Namun jika kalian puas dengan hasil akhirnya, kalian bisa langsung me-rendernya dengan memilih tab render. Lamanya proses rendering disini ditentukan dari banyaknya frame foto yang diambil sebelumnya juga kualitas video yang sebelumnya telah kita atur. Pada tabs render ini juga teman-teman bisa mengatur frame rate time lapse-nya apakah ingin terlihat lebih cepat atau lambat, silahkan disesuaikan pengaturannya.

Nah berikut ini hasil video time lapse saya gaes. Masih belajar jadi harap dimaklumi yah. Ini diambil sekitar pukul 05.00 sampai dengan pukul 06.00 dan menghasilkan 1500+ frame foto.

Gimana mudah kan gaes membuat video time lapse? Apalagi aplikasi Lapse It pun sudah mendukung settingan yang super lengkap, jadi kita tinggal menguliknya saja untuk bisa menghasilkan time lapse yang keren dan apik. Sebenarnya ada banyak aplikasi sejenis, namun saya rasa aplikasi Lapse It lah yang paling keren dan mudah untuk digunakan. Nah buat teman-teman yang ingin membuatnya, monggo silahkan dicoba. Kalau sudah jangan lupa komen dan kasih tahu saya yah hasilnya heuheu.

920 total views, 2 views today

Check Also

review game pinout for android and ios

[Review Game] PinOut – Game Lawas Dengan Kemasan Modern

Hellooo semua… balik lagi bersama mimin yang kali ini akan ngajak teman-teman Jejeblog untuk seru-seruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *