Home » Playground » [Review] Mudahnya Belajar Bahasa Asing Dengan Duolingo

[Review] Mudahnya Belajar Bahasa Asing Dengan Duolingo

Bahasa adalah suatu yang sangat penting jika kita ingin melakukan komunikasi. Sejak duduk di bangku sekolah dasar bahkan mungkin sejak TK kita sudah dikenalkan bahasa asing. Umumnya bahasa asing yang diajarkan pada usia-usia emas tersebut adalah Bahasa Inggris. Namun, seiring bertambahnya usia terkadang penguasaan bahasa asing kita semakin berkurang dikarenakan semakin tidak dilatihnya ilmu bahasa asing kita. Kesempatan ini saya akan mengulas seputar aplikasi Duolingo yang akan membantu kita untuk merefresh dan belajar kembali mengenai bahasa asing. Duolingo adalah aplikasi yang sempat meraih penghargaan Google Play’s Best of The Best 2013. Bagaimana serunya belajar bahasa asing menggunakan aplikasi ini?? Mari disimak gaes.

 

Mudah Dan Menyenangkan

Untuk mencoba aplikasi ini silahkan teman-teman terlebih dahulu mengunduh aplikasinya melalui Playstore atau Appstore, link tersedia di bawah yah gaes. Saat pertama kali membuka aplikasi ini kalian akan di suguhkan dengan dua pilihan yaitu “New User” atau “Existing User”, intinya disini kalian disuruh melakukan registrasi. Jika kalian adalah pengguna baru Duolingo pilihlah New User. Untuk kalian pengguna Android, selain sign-up dengan email, kalian juga bisa menggunakan akun Google atau Facebook. Di iOS, kalian dapat menggunakan akun Twitter atau Facebook.

Duolingo

Aplikasi Duolingo
Aplikasi Duolingo

Setelah berhasil melakukan registrasi, kini kalian akan diarahkan untuk memilih bahasa apa yang ingin dipelajari. Saat saya mencoba aplikasi ini saya memilih untuk belajar Bahasa Inggris. Maklum Bahasa Inggris saya masih acak kadut ngga jelas, persis orangnya *hahaha*. Setelah kalian memilih bahasa apa yang ingin dipelajari, kalian akan disuguhkan beberapa tes kemampuan bahasa dalam Duolingo. Tes bahasa yang disajikan di Duolingo antara lain tes dasar, frasa, kata hubung, pertanyaan dsb. Didalam setiap bahasa kira-kira ada sekitar delapan kategori yang akan dipelajari. Oh iya hampir lupa, aplikasi Duolingo ini ngga hanya support Bahasa Inggris saja lho gaes. Ada bahasa Spanyol, Perancis, Italia, Jerman, Portugis, dan Belanda yang bisa kalian pelajari di Duolingo.

Belajar Sambil Bermain

Aplikasi Duolingo ini menggunakan teknik Gamification sehingga apa yang kita pelajari dalam aplikasi ini lebih mudah untuk untuk masuk. Bentuk pertanyaan dari tes yang diberikan termasuk variatif lho gaes, ada pertanyaan berupa pilihan ganda, essay dan juga suara. Setiap harinya, Duolingo akan mengingatkan kita untuk berlatih. Setiap satu sesi latihan hanya menghabiskan waktu kurang lebih 5 menit.  Setiap latihan, kita akan disediakan life atau nyawa. Jika kita melakukan kesalahan, maka aplikasi akan memberitahu kesalahan kita dan mengurangi life kita satu. Di akhir latihan kita akan diberikan experience. Semakin banyak life yang tersisa, maka semakin banyak pula experience yang didapat.

Aplikasi Duolingo
Aplikasi Duolingo

Aplikasi Duolingo ini juga bisa mem-follow orang lain untuk membandingkan nilai kemudian kalian juga bisa membeli item dengan Lingot, yaitu mata uang di aplikasi Duolingo ini. Cara mendapatkan Lingot pun mudah, kalian cukup menyelesaikan tes yang diberikan oleh aplikasi ini.

 Situs resmi : Duolingo

The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Links: → Visit Store → Search Google

The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Links: → Visit Store → Search Google

1,032 total views, 1 views today

Bahasa adalah suatu yang sangat penting jika kita ingin melakukan komunikasi. Sejak duduk di bangku sekolah dasar bahkan mungkin sejak TK kita sudah dikenalkan bahasa asing. Umumnya bahasa asing yang diajarkan pada usia-usia emas tersebut adalah Bahasa Inggris. Namun, seiring bertambahnya usia terkadang penguasaan bahasa asing kita semakin berkurang dikarenakan semakin tidak dilatihnya ilmu bahasa asing kita. Kesempatan ini saya akan mengulas seputar aplikasi Duolingo yang akan membantu kita untuk merefresh dan belajar kembali mengenai bahasa asing. Duolingo adalah aplikasi yang sempat meraih penghargaan Google Play’s Best of The Best 2013. Bagaimana serunya belajar bahasa asing menggunakan aplikasi ini?? Mari…

Duolingo

Interface - 8.5
Fitur - 8.5
Fungsionalitas - 8.8

8.6

BEST

Overall, aplikasi ini sangat membantu dalam proses belajar bahasa asing. Adanya tingkatan yang diberikan dari level mudah sampai sulit membuat aplikasi Duolingo menjadi lebih asyik untuk dimainkan. Cocok dimainkan segala usia. Sayangnya, Duolingo masih belum bisa memberikan alasan ketika kita menjawab pertanyaan dengan hasil salah. Ketika jawaban salah, Duolingo hanya menampilkan jawaban benarnya saja tanpa ada penjelasan sama sekali.

Check Also

review game pinout for android and ios

[Review Game] PinOut – Game Lawas Dengan Kemasan Modern

Hellooo semua… balik lagi bersama mimin yang kali ini akan ngajak teman-teman Jejeblog untuk seru-seruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *