Home » Playground » [Review] Harvest Moon: Seeds of Memories, Serunya Berkebun dan Bersosial Dalam Game

[Review] Harvest Moon: Seeds of Memories, Serunya Berkebun dan Bersosial Dalam Game

Akhirnya game yang mimin tunggu-tunggu sampai mimin tambah kece ini datang juga. Tapi mungkin ga hanya mimin saja yang menunggu kehadiran game fenomenal ini di perangkat mobile melainkan seluruh gamers di dunia juga sudah menantikan game ini. Apalagi kalau bukan game berjudul Harvest Moon: Seeds of Memories, sebuah game yang akan mengobati kerinduan kita tentang serunya berkebun dan bersosial dalam sebuah game. Tentu Harvest Moon: Seeds of Memories ini juga mengingatkan kita tentang game Harvest Moon: Back to Nature yang hadir di PlayStation.

Hadirnya seri terbaru Harvest Moon di smartphone tentu membawa angin segar yang sepoi-sepoi bagi para gamers yang ingin bernostalgia. Perlu teman-teman ketahui game Harvest Moon: Seeds of Memories ini adalah game Harvest Moon pertama di perangkat mobile lho *dicatet…nanti bisa keluar di ujian lho gaes :p*. Namun untuk saat ini game Harvest Moon: Seeds of Memories ini baru tersedia untuk perangkat iOS saja dan untungnya mimin sudah mencoba game yang legendaris ini, apakah game ini layak untuk teman-teman mainkan??? Yuk langsung disimak aja reviewnya gaes….check this out…

Gameplay Yang Familiar

Gameplay Harvest Moon: Seeds of Memories akan mengingatkan kalian dengan seri Harvest Moon terdahulu. Mimin rasa Natsume selaku pengembang dari game ini berhasil mengajak kita untuk bernostalgia tapi bukan bersama mantan *pllaaakkk*. Awal permainan kalian diharuskan memilih karakter dari game ini mau laki-laki atau perempuan. Selajutnya kalian akan disuruh memasukkan nama juga tanggal lahir sesuai keinginan.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Memilih karakter utama

Sudah mimin bilang tadi kalau Harvest Moon: Seeds of Memories ini akan mengajak kamu bernostalgia dengan seri Harvest Moon: Back to Nature karena gameplay dari Harvest Moon: Seeds of Memories ini yaitu tentang menyelamatkan perkebunan di suatu desa. Pada awalnya kalian akan bertemu dengan makhluk kecil yang unyu-unyu *seperti mimin* alias kurcaci yang akan mengajak karakter utama untuk merawat kebun beserta isinya dengan tujuan untuk mengembalikan ingatan warga akan adanya perkebunan.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Ketemu sama makhluk imut

Dalam berkebun  kalian bisa menanam berbagai sayur mayur, buah-buahan, bunga, dan juga pohon yang nanti dapat berbuah. Dalam aktivitas berkebun kalian bisa membajak tanah, menyiram tanaman, sampai dengan menambahkan pupuk untuk meningkatkan kualitas tanaman. Pilihan pupuknya juga beragam, sehingga kalian dituntut untuk pintar-pintar membeli pupuk untuk bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas.

Selain berkebun kalian juga bisa memancing dengan cara pergi ke tepian sungai lalu lemparkan alat pancing kalian ke sungai lalu tunggu hingga ikan menyambar umpan kalian. Untuk bisa mendapatkan ikan yang bagus kalian bisa membeli umpan sesuai dengan kebutuhan. Semakin mahal umpan yang dibeli kemungkinan untuk mendapatkan ikan yang berkualitas juga semakin tinggi.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Bisa mancing dan beternak juga lho

Dalam Harvest Moon: Seeds of Memories ini juga kalian bisa menjadi peternak hewan seperti ayam, sapi, domba, dan kuda pokoknya dalam game ini tuh karakter utama serba bisa deh hehehehe. Nah hasil dari perkebunan, memancing, dan beternak tadi bisa kalian jual ke pedagang untuk menghasilkan uang yang berguna untuk membeli kebutuhan-kebutuhan lain atau untuk upgrade alat maupun rumah.

Game ini menerapkan sistem waktu yang bergerak cepat jika karakter utama berada di luar ruangan, namun waktu akan berhenti saat memasuki ruangan. Selebihnya game ini hampir sama dengan Harvest Moon: Back To Nature

Ga Hanya Berkebun Tapi Juga Harus Bersosialisasi

Layaknya orang yang hidup normal tentu kita tidak hanya fokus ke pekerjaan saja, tapi juga harus melakukan sosialisasi terhadap lingkungan sekitar. Game ini pun juga demikian. Kalian harus bisa menjalin hubungan dengan warga desa, terutama untuk calon kekasih. Kedekatan dengan warga atau calon kekasih dapat dilihat dari icon not balok yang perlahan-lahan berwarna, semakin banyak not balok yang berwarna semakin dekat karakter utama dengan warga.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Lagi ngobrol sama bang Hunter

Untuk meningkatkannya kalian harus membuat warga atau calon kekasih suka terhadap kalian dengan cara sering mengobrol alias bergosip ria hahaha atau cobalah memberikan barang yang disukai oleh warga tersebut.

Grafis yang…

Untuk masalah grafis jujur saja mimin sedikit kecewa karena game Harvest Moon: Seeds of Memories ini masih menggunakan grafis 2D dengan perspektif dari atas. Mimin menyayangkan aja karena game-game mobile sekarang kan kebanyakan sudah dengan grafis 3D. Yah mimin bisa mengerti kok, mungkin pengembang dari game ini menginginkan agar game ini tidak terlalu berat saat dimainkan pada gadget dan ingin membuat pengalaman yang berbeda.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Jangan ngintippp!!!

Wilayah desa dalam game ini juga sangat kecil hanya ada area pegunungan, perkebunan, dan pemukiman warga. Tapi dengan luas wilayah yang kecil ini akan memberikan keuntungan pada karakter utama karena membuat akses ke mana saja lebih mudah dan menghemat energi.

Untuk urusan audio jujur saja mimin jatuh cinta dengan background music-nya. Terdengar sederhana namun pas banget dengan alur cerita dari game Harvest Moon: Seeds of Memories ini. Urusan audio mimin ga banyak komentar deh…yahuuuddd abis pokoknya.

Harvest Moon: Seeds of Memories
Adegan yang bikin baper

Saat review ini di publish Harvest Moon: Seeds of Memories baru bisa dinikmati oleh perangkat iOS saja untuk perangkat Android harus sedikit bersabar mungkin bulan depan game ini sudah bisa dinikmati oleh para pengguna robot hijau. Game ini dibanderol sebesar Rp 150.000 di Appstore, harga yang cukup mahal untuk sebuah game yang mempunyai size 148 MB ini.

Info Update: Pada bulan April 2016 game Harvest Moon: Seeds of Memories sudah dirilis untuk perangkat Android yah gaes

Situs resmi: Natsume

The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Links: → Visit Store → Search Google
The app was not found in the store. 🙁 #wpappbox

Links: → Visit Store → Search Google

5,617 total views, 2 views today

Akhirnya game yang mimin tunggu-tunggu sampai mimin tambah kece ini datang juga. Tapi mungkin ga hanya mimin saja yang menunggu kehadiran game fenomenal ini di perangkat mobile melainkan seluruh gamers di dunia juga sudah menantikan game ini. Apalagi kalau bukan game berjudul Harvest Moon: Seeds of Memories, sebuah game yang akan mengobati kerinduan kita tentang serunya berkebun dan bersosial dalam sebuah game. Tentu Harvest Moon: Seeds of Memories ini juga mengingatkan kita tentang game Harvest Moon: Back to Nature yang hadir di PlayStation. Hadirnya seri terbaru Harvest Moon di smartphone tentu membawa angin segar yang sepoi-sepoi bagi para gamers yang…

Harvest Moon: Seeds of Memories

Grafis - 7.8
Gameplay - 7.8
Kontrol - 8.5

8

GOOD

Secara keseluruahan Harvest Moon: Seeds of Memories ini berhasil mengajak pemain untuk bernostalgia pada seri Harvest Moon terdahulu. Namun game ini memang masih jauh dari harapan mimin yang berharap game ini hadir dalam grafis 3D. Selain itu banderol harga untuk game ini terbilang cukup mahal. Menurut mimin game ini masih mempunyai banyak PR yang harus dibenahi.

Check Also

review game pinout for android and ios

[Review Game] PinOut – Game Lawas Dengan Kemasan Modern

Hellooo semua… balik lagi bersama mimin yang kali ini akan ngajak teman-teman Jejeblog untuk seru-seruan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *