Home » Playground » [Tips] Membuat Ringtones Untuk iPhone Menggunakan iTunes

[Tips] Membuat Ringtones Untuk iPhone Menggunakan iTunes

Suka bosen ga sih gaes kalian mendengarkan ringtones yang itu-itu saja saat menerima panggilan telpon atau ada mail / sms masuk ke iPhone? Mana Apple cuma ngasih ringtones yang sedikit lagi ke iPhone jadikan pilihannya cuma itu-itu saja ringtones-nya. Hahahaaa… teman-teman pasti ada deh yang pernah ngedumel seperti mimin karena bosen banget dengan ringtones yang ada di iPhone teman-teman. Apalagi kalau misal ringtones yang teman-teman pakai juga dipakai oleh orang lain. Ah sudah jelas ga seru kalau teman-teman pakai ringtones bawaan di iPhone. Makanya dalam postingan kali ini mimin mau ngajak teman-teman Jejeblog untuk membuat ringtones sendiri biar beda dari orang-orang lain dan biar kelihatan lebih keren dong pastinya huhuhuuuu… Apa saja yang dibutuhkan min? Ok…ok tanpa basa-basi lagi mimin akan kasih tau ke teman-teman semua.

Apa saja yang dibutuhkan?

  • Laptop / PC (mimin menggunakan laptop dengan OS Windows 7, mau pake Macbook dompet mimin menjerit terus hahaha)
  • iTunes (saat artikel ini dibuat mimin menggunakan iTunes versi 12.5.3.16)
  • Beberapa lagu-lagu pilihan / efek suara yang siap dijadikan ringtones
  • Perangkat iDevice
  • Camilan bisa berupa snack, wafer, nasi padang atau nasi rames dan jangan lupa es lemon tea-nya hahaha…

Saatnya eksekusi

Jika teman-teman sudah mempersiapkan semuanya sekarang saatnya kita eksekusi ya gaes…eitss bukan eksekusi mati yah… kalau itu sih bakal jadi postingan horror di blog ini hahahaa…

1. Buka iTunes teman-teman. Disini mimin belum menghubungkan iPhone mimin ke Laptop sehingga di iTunes ga terbaca ya gaes *yaiyalah min…bayi baru lahir juga tau itu!!!*

membuat ringtones di itunes
iTunes

2. Masuk ke Tab Music yah gaes, awas jangan salah masuk 

membuat ringtones di itunes
Tab Music di iTunes

3. Setelah masuk ke Tab Music sekarang saatnya teman-teman untuk memilih musik yang akan dijadikan rintones.

4. Jika sudah mantap memilih musik yang akan di jadikan ringtones sekarang klik kanan pada lagu tersebut lalu pilih Get Info. Mimin memilih lagunya Gnash sebagai kelinci percobaan.

membuat ringtones di itunes
Pilih Get Info

5. Setelah masuk ke menu Get Info teman-teman pilih Tab Options. Kemudian checklist box start untuk menentukan lagu akan diputar pada waktu kesekian dan end untuk menentukan kapan lagu akan berakhir. Nah karena kali ini kita akan membuat ringtones sebaiknya teman-teman mendengarkan terlebih dahulu lagu yang akan dijadikan ringtones pada menit / detik keberapa harus di mulai dan berhenti. Disini mimin akan memotong lagu I Hate You, I Love You tepat di bagian reff lagunya. Jika sudah jangan lupa untuk klik tombol OK ya gaes.

membuat ringtones di itunes
Trim lagu

6. Dengan masih memilih lagu yang akan dijadikan ringtones, sekarang pilih menu File > Convert > Create AAC Version.

membuat ringtones di itunes
Pilih menu Create AAC Version

7. Jika langkah ke-6 sudah kalian lakukan maka sekarang akan muncul duplikat lagu yang akan dijadikan ringtones oleh teman-teman. Hasil duplikasi lagu ini jika dilihat akan memiliki durasi yang lebih pendek dari lagu aslinya karena sebelumnya kita sudah menentukan durasi lagu ini pada langkah ke-5.

membuat ringtones di itunes
Muncul hasil duplikat lagunya

8. Lanjutkan dengan ngemil dulu gaes biar santai hahaha… Sekarang klik kanan pada lagu hasil duplikatnya yah gaes kemudian pilih Show in Windows Explorer. Maka teman-teman akan dibawa menuju dimana file lagu duplikat ini disimpan.

membuat ringtones di itunes
Menujut tempat penyimpanan 😀

9. Terlihat pada lagu hasil duplikat tersebut kalau ekstensinya adalah .m4a karena ringtones ga support jenis ekstensi ini maka kita akan merubahnya menjadi .m4r gaes. Untuk merubahnya cukup rename saja file ekstensinya.

membuat ringtones di itunes

membuat ringtones di itunes
Mengubah file ekstensi dari .m4a menjadi .m4r

10. Kembali ke iTunes-nya gaes, sekarang teman-teman bisa men-delete lagu hasil duplikatnya biar ga bingung. Jika sudah sekarang pilih Tab Tones untuk memasukkan ringtones buatan teman-teman.

11. Cukup drag and drop saja ke iTunes-nya yah gaes, maka ringtones yang sudah teman-teman buat sekarang sudah masuk di library Tones pada iTunes.

membuat ringtones di itunes
Drag and drop untuk memasukkan tones ke iTunes

12. Untuk memasukkan ringtones ke perangkat iDevice silahkan teman-teman hubungkan perangkat iDevice-nya kemudian silahkan lakukan synchronize. Jika sudah tercopy pada perangkat iDevice silahkan menuju menu Settings > Sounds pada iDevice untuk mengganti ringtones-nya.

Bagaimana gaes mudah kan caranya untuk membuat ringtones sendiri? Sebenarnya kita juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa di download melalui Appstore hanya saja menurut mimin kurang seru hihihiii…

Buat teman-teman yang masih bingung membuat ringtones menggunakan iTunes untuk iDevice-nya bisa bertanya di kolom komentar yah nanti mimin bantu jawab *kalau bisa dijawab hahahaaa…* OK gaes sampai disini dulu yah perjumpaan kita heuheu… Tetap pantengin terus Jejeblog untuk mendapatkan informasi-informasi, tips trik / tutorial, review game dan aplikasi untuk smartphone. Jangan lupa juga untuk di subscribe blognya dan di like FP Jejeblog-nya huhuhuuu… See you gaes!!!

 

59,385 total views, 4 views today

Check Also

cara transfer video ke iphone tanpa itunes

[Tips & Trik] Mudah Transfer File Video dari PC ke iDevice

Pernah ga sih teman-teman Jejeblog mengalami kesulitan dalam men-transfer file video ke iDevice? Nah mimin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *