Home » Playground » Iphone 5S Tidak Mau Di Charge

Iphone 5S Tidak Mau Di Charge

Posting kali ini saya ingin coba berbagi pengalaman dan semoga yang saat ini sedang mengalami hal yang sama dengan pengalaman saya ini bisa terbantu dengan adanya tulisan ini. Saya termasuk orang yang baru dalam menggunakan Iphone dan saya termasuk orang yang suka sekali otak-atik sesuatu yang baru hehehe.

Nah beberapa hari yang lalu saya ingin mencoba untuk melakukan kalibrasi Iphone 5S saya ini. Baca sana sini intinya sih kalau mau kalibrasi Iphone, kita disuruh untuk menghabiskan daya baterai Iphone ini sampai dengan 0%. Saya lakukan cara tersebut, sebelumnya memang indikator baterai masih tersisa sekitar 30%-an dan saya gunakan untuk download aplikasi di Appstore dan mencoba-coba aplikasi tersebut hingga menguras baterai sampai baterai tersisa 10%. Saya diamkan Iphone saya beberapa saat dan akhirnya Iphone saya mati dengan sendirinya dikarenakan daya baterai sudah habis total, keluarlah indikator icon baterai dengan warna merah serta icon kabel lightning yang intinya sih Iphone harus segera di charge.

Indikator Battery Iphone
Indikator Battery Iphone

Dan saatnya kalibrasii….

Apa yang terjadi gaes?? Setelah saya memasukkan kabel lightning ke Iphone, Iphone saya tidak mau hidup. Saya berpikir mungkin membutuhkan waktu sekitar 30 menit sampai dengan 1 jam untuk membuat Iphone ini hidup dikarenakan Iphone saya kali ini benar-benar habis baterainya. Pengalaman saya dulu melakukan kalibrasi tablet Nexus 7 dari posisi baterai 0% juga membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih, jadi saya berpikir mungkin Iphone juga membutuhkan waktu yang lebih lama juga. Satu jam lebih Iphone 5S saya di charge dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, dari hasil baca sana-sini katanya jika baterai Iphone dicharge pada posisi 0%, Iphone tersebut akan hidup sendiri jika baterai sudah terisi sekitar 4%-5%. Nah ini sudah sekitar 1 jam lebih Iphone saya tidak hidup-hidup. Jadi benar-benar panik banget, maklum baru pertama kalinya menggunakan Iphone gaes .

Akhirnya saya mencari referensi sana-sini. Saya coba tips-tips seperti menekan tombol power beberapa detik, namun tetap si Iphone tidak menyala sama sekali. Dan katanya kalau cara-cara sederhana tersebut tidak mempan bisa menggunakan cara yang paling ampuh yaitu dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama kurang lebih 15 detik. Apa yang terjadi??? IPHONE saya tetap ngga bisa hidup gaes *benar-benar panik banget disini*. Coba cari referensi-referensi lainnya dan tetap intinya disuruh menggunakan tips-tips yang sudah saya coba sebelumnya.

Powerbank yang saya gunakan
Powerbank yang saya gunakan

Coba tenangkan diri dulu dan coba-coba lagi dengan cara diatas, tapi tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan di Iphone saya. Saya berpikir apa jangan-jangan butuh adapter yang bisa mengeluarkan daya lebih besar dari charger Iphone-nya? Nah disinilah akhirnya saya nekat untuk mencoba menggunakan Powerbank saya. Pada powerbank saya terdapat 2 output dengan daya yang berbeda yaitu 1A dan 2A. Akhirnya saya coba masukkan ke sumber daya yang 2A dan Alhamdulillah Iphone menunjukkan kehidupannya gaes dan Iphone saya bisa hidup kembali. Nah karena saya orangnya agak parno-an takut terjadi apa-apa kalau menggunakan sumber daya 2A, akhirnya saat indikator baterai Iphone menunjukkan 10% saya pindahkan dengan charger biasa (charger bawaan Iphone) dan Alhamdulillah lancar. Hehehe…benar-benar sempat panik banget gaes disini, niat awalnya mau kalibrasi eh di hadapin masalah yang seperti itu hehehe.

Nah kalau teman-teman semua ada pengalaman yang sama dengan saya, saya sedikit membagikan tips-tips yang saya gunakan untuk mencoba menghidupkan si Iphone dari tidurnya :p. Tips-tips ini juga didapatkan dari blog-blog lain yah gaes, tapi tips yang terakhir memang dari pengalaman pribadi.

  1. Ada kemungkinan kepala lightning atau lubang charger di Iphone teman-teman kotor, coba dibersihakan terlebih dulu. Kemudian coba untuk di charger lagi.
  2. Pastikan teman-teman menggunakan kabel data dan kepala charger original. Jika dengan kabel data dan kepala charger punya sendiri Iphone tidak juga hidup, coba teman-teman pinjam punya orang lain untuk dites ke Iphone teman-teman. Jika menyala dengan kabel data ataupun kepala charger yang dipinjam kemungkinan kabel data ataupun kepala charger teman-teman sudah rusak.
  3. Coba tekan tombol power selama kurang lebih 10 detik. Lakukan hal ini beberapa kali gaes. Jika gagal lakukan cara ketiga.
  4. Cara keempat ini dari hasil saya membaca katanya paling ampuh yaitu dengan menekan tombol power dan home secara bersama-sama selama kurang lebih 15-20 detik. Lakukan hal ini beberapa kali gaes. Nah jika gagal juga teman-teman bisa membawanya ke service centre yang teman-teman percaya atau ke distributor Iphone resminya. Tapi jika teman-teman nekat juga, teman-teman bisa mencoba cara saya yang terbukti bisa membangunkan Iphone 5S saya.
  5. Gunakan charger dengan arus yang outputnya lebih besar, biasanya charger-charger untuk tablet. Tapi dalam kejadian ini karena saya mempunyai powerbank yang keluaran arusnya 2A saya menggunakan powerbank tersebut. Cara ini adalah pengalaman saya sendiri, saya tidak menganjurkan ke teman-teman untuk cara yang satu ini. Tapi jika teman-teman nekat silahkan dicoba dan mohon untuk ditanggung segala resikonya.

30,361 total views, 53 views today

Check Also

review game pinout for android and ios

[Review Game] PinOut – Game Lawas Dengan Kemasan Modern

Hellooo semua… balik lagi bersama mimin yang kali ini akan ngajak teman-teman Jejeblog untuk seru-seruan …

25 comments

  1. gan.. minta no hp nya donk , sy mau konsultasi dikit ke agannnya

  2. Demi ALLAH.. saya udah googling dan pake cara tekan tombol, saya cas 1 jam an, dll
    TERNYATA PAKE CARA AGAN BERHASIL !
    Saya cas pake kepala charger android saya yg output 2A bisaa!

    Saya sudah ngeri… soalnya ini iphone baru beli. baru keluar dari dus dan diidupin ga bisa.

    Thanks yaa gan sarannya… 😀 😀 😀

    • Deg-degan yah gan? Pengalaman saya malah 1 harian full gan ga mau terisi baterainya, bahkan waktu itu berpikiran ke tukang service untuk ganti baterai hehehee

  3. makasih banyak gan dan sangat bermanfaat nih baru blog ,saya sudah bawa ke tukang servis tapi saya hampir ketipu katanya konektor u2 saya rusak dan ongkosnya 1,2 ,ternyata cara diatas terbukti ampuh 👍🏻

  4. gan, punya ane udah ane charge pake adaptor samsung yg 2A tetep ga nyala2 huhu.

    udah pake cara tombol start+home lama banget tetep ga nyala2.

    gimana ya gan, apa ada masalah di baterai atau ic usb?

    • Coba cari adapter lain gan atau pakai powerbank.
      Pengalaman saya juga dulu butuh satu hari lebih, benar-benar ga bisa di charger sama sekali

  5. biasanya ampuh kalo make powerbank yg 2A tapi kalo udah sering gak ngaruh lagi hiks

  6. Gan boleh minta contact personnya ga? Hp gue skrg sama kaya hp agan, skrg lg dicoba prosesnya. Mau nanya lebih lanjut

  7. Permisi, saya sudah pake kepala adaptor 2A tp tetep 1% gimana yak?? Makasih.

    • Memang proses upnya agak lama gan/sis. Dari pengalaman iPhone saya baru bisa hidup setelah di charge selama 1 malam. Oh iya coba deh cek kabel lightning yang digunakan saat ngecharge, pastikan kabelnya original yah. Kalau udah dicek kabelnya silahkan cek adaptor yang digunakan juga, kalau punya lebih dari satu adaptor sebaiknya dicoba-coba

  8. jadi harus pake kepala adaptor yg output 2A (samsung) sama kabel ori iphone ya mas ? ini aku barusan beli batre, mau coba2 sampe brp persen pas 1 persen telat charger ini mati wkwk. dicharge jg lama bgt cmn keluar gambar batre garis merah itu. Itu pengecasan selama berapa hari mas pakai adaptor output 2A dan kabel ori iphone sampai iphone nyala keluar gambar applenya ? makasih

    • Dulu saya juga iseng sampai iPhonenya mati total (baterai 0%) karena niatnya emang untuk kalibrasi. Tapi malah ngga mau on juga, sempat panik dan mau ke service center waktu itu. Harusnya sih ngga perlu sampai semalaman bisa up lagi gan, pengalaman teman dan beberapa orang disini ngga sampai semalaman di charge udah bisa idup lagi. Berdoa aja gan, semoga benar-benar bisa terisi baterainya hehehe

  9. gan saya mengalami hal yang sama ni, belum ane coba pke output 2A. prtnyaanya ketika agan colokin kabel dengan output 1a gambar kabel USB dan petirnya hilang gak? klu normal bisa dicas kan biasanya tanda bhwa cas masuk gmbar usb petir hilang tinggal gambar baterai doang. nah punya agan gmna? dan apakah ada perbedaan ketika dicolok dengan output 2a. mohon dibales ya gan. panik ni

    • Awal pake charger bawaan iPhone emang tuh icon petir+kabel USB ilang gan, tapi ditunggu sampai setengah hari penuh baterai benar-benar ngga up, sudah saya coba tekan beberapa kali tombol power juga tetap sama, ga ada hasil. Akhirnya mencoba yang 2A, hasilnya sama…ngga ada perubahan sama sekali. Tapi akhirnya saya diamkan dicharge semaleman dengan charger 2A karena pengalaman saya menggunakan tablet Android kalau baterai benar-benar habis juga butuh waktu yang lama untuk up baterainya, alhamdulillah bisa.

  10. gan ip ane pas mati dicas masuk tuh, terus ngecas sampe nyala, nahh tapi pas udah nyala gangecas lagi, itu kira2 karna apa ya gan?

  11. Gan iphone saya bisa di charger tapi ngechargernya tidak bisa di bolak balik usbnya hanya bisa 1arah saja kalau di balik kabelnya gabisa, mungkin bisa ngebantu

    • Ada kemungkinan salah satu pin konektornya kotor, coba dibersihkan menggunakan cotton bud deh, karena saya juga pernah ngalamin hal yang sama

  12. bagi pengalaman gan, iphone nya dipanasin pake hairdyer dlm keadaan gak di colok, atau kalian coba rebus air sampe panas mendidih,terus tuang ke gelas atau semacam nya, nah terus gelas yg udah dituang air mendidih di taro di atas iphone (dibalik gan),tunggu bbrp menit sampe iphone nya panas, baru dicolok lagi, icon petir+kabel nya udah hilang, nah tunggu bbrp menit saya tinggal tiba2 udah nyala iphone nya 🙂
    apa aja yg bisa ngehasilin panas, tp jangan sampe buat iphone nya rusak hehehe
    Semoga membantu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *