Home » Kuliah » Anylogic, Software Simulasi Yang Mumpuni
Anylogic Software

Anylogic, Software Simulasi Yang Mumpuni

Semester genap ini banyak sekali software-software baru yang terinstal di laptop saya. Salah satu software tersebut bernama Anylogic yang digunakan dalam mata kuliah praktikum simulasi sistem. Dan pada postingan ini saya ingin berbagi cerita dalam menggunakan software simulasi ini.

Software Anylogic ini adalah software buatan The Anylogic Company dengan menggunakan basis pemrograman Java. Saya sendiri benar-benar orang yang baru dalam menggunakan software Anylogic ini. Secara keseluruhan software ini dapat mewakili semua tipe pemodelan sistem yang ada seperti Discreate Event (DE), Dynamic System, dan ABM. Pada situsnya, software Anylogic ini bisa diandalkan dalam melakukan simulasi seperti sistem logistik, persaingan pasar, proses bisnis, proses manfukturing dan produksi, dan tentunya masih banyak lagi. Selain itu ada fitur GIS Map yang disematkan dalam software ini untuk kita menggunakan Googlemap jika kita memerlukannya dalam simulasi.

AnyLogic_Welcome_Screen5 AnyLogic_Welcome_Screen4 Anylogic Multimethod Simulation Software

Saya sebagai pengguna yang benar-benar masih awam dengan software ini masih cukup bingung dalam mengoperasikan software ini. Mungkin karena banyaknya fitur-fitur yang disediakan. Pada praktikum saya mendapatkan tugas untuk membuat simulasi antrian pada bank. Dan ini adalah hasilnya.

Simulasi Model Anylogic

Cukup puas dengan hasil yang demikian, walaupun masih benar-benar sederhana. Maklum kan masih pengguna amatir hehehe.

Baca Juga : Tips-Tips Memilih Jurusan Kuliah

Jika kita mau belajar ada fasilitas Help yang disediakan Anylogic. Dalam menu help-nya juga akan ada tutorial yang akan membantu kita dalam memplejari software simulasi ini. Selain itu Anylogic juga sudah menyediakan library model untuk dilihat dan disimulasikan oleh para user, sehingga kita bisa mempelajari model-model yang sudah jadi tersebut. Contoh model yang disediakan Anylogic pun dalam paket instalasi ini beragam, ada yang benar-benar sederhana sekali dan ada juga yang sudah benar-benar kompleks.

Anylogic Tutorial Menu

Well…secara keseluruhan software Anylogic ini adalah software simulasi yang menurut saya mumpuni di bidangnya. Fasilitas 2D dan 3D untuk memunculkan simulasi sistemnya pun bisa saya bilang sangat mumpuni. Hanya butuh waktu untuk mempelajari software ini secara detail. Buat teman-teman yang jago bahasa pemrograman Java, mungkin tidak akan sulit dalam beradaptasi dengan software Anylogic ini. Namun, dibalik kelebihannya sesuatu yang saya agak sedikit memberikan nilai minus ke software ini karena software Anylogic ini cukup banyak memakan memory pada laptop / PC kita, tapi mungkin cukup wajar karena software ini melakukan proses rendering model sebelum menjalankan simulasinya. Buat yang ingin mencobanya silahkan download aplikasinya disini, free trial 30 hari.

-jejeblog-

1,571 total views, 1 views today

Check Also

Ujian Akhir Semester

Alhamdulillah… UAS Minggu Pertama Lancar

Akhirnya bisa update ini blog setelah beberapa hari lebih banyak beraktivitas di dunia nyata dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *