Home » Kuliah » 3 Tips Memilih Jurusan Kuliah
Memilih Jurusan Kuliah
Memilih Jurusan Kuliah

3 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kuliah, siapa yang saat ini ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan? Mungkin jawaban dari satu orang ke orang lain akan berbeda. Ada yang ingin melanjutkan kuliah ada juga yang ingin langsung berkarir atau pun berwirausaha setelah lulus dari jenjang sekolah menengah atas atau yang sederajat. Buat kalian yang ingin melanjutkan studi ke universtas tentu terlebih dahulu akan menentukan jurusan yang ingin diambil nantinya, iya kan?? Menurut saya pribadi menentukan jurusan kuliah ini salah satu faktor penting, karena banyak kejadian orang-orang ataupun teman saya pribadi merasa salah masuk jurusan di perkulihaan sehingga menyebabkan pengunduran diri dari perkuliahaan. Sangat disayangkan bukan?? Nah kali ini saya ingin mencoba membagikan tips memilih jurusan kuliah, buat yang ingin melanjutkan studinya di bangku kuliah, yuk disimak tips-tips berikut ini.

  1. Sesuai dengan minat dan bakat

Ini faktor penting banget gaes, kalau kamu sudah memiliki minat dan bakat pada bidang tertentu kamu bisa memilih jurusan kuliah pada bidang tersebut. Adanya minat dan bakat yang kuat akan membuat kuliah kalian enjoy dan kalian benar-benar akan menikmati kuliah. Misalnya saja kalian punya hobi membuat animasi, kalian bisa masuk ke dalam jurusan Blok M-Kampung Rambutan, eh salah…maksudnya jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) untuk memperdalam ilmu-ilmu animasi kamu.

  1. Mencari Informasi Kesana Kemari

Kalau kalian belum paham tentang suatu jurusan dalam perkulihan, kalian bisa bertanya gaes. Bertanyanya jangan ke tetangga ataupun ke abang tukang bakso yang lewat di depan rumah kalian yah. Silahkan kalian bertanya ke senior-senior atau kakak-kakak kelas kalian yang sudah memakan bangku kuliah heuheu. Atau manfaatkan guru bimbingan konseling untuk mendapatkan suatu informasi dari jurusan yang ingin kalian ambil. Kalian juga bisa mengunjungi universitas yang menjadi inceran untuk bertanya-tanya seputar jurusan yang kalian idam-idamkan. Dengan mengetahui seluk beluk jurusan, kalian bisa membayangkan perkuliahaan di jurusan tersebut akan seperti apa.

  1. Ikuti Kata Hati

Sewaktu memilih jurusan di kuliah nanti sebaiknya ikuti kata hati teman-teman semua. Biasanya sewaktu akan memilih jurusan kuliah banyak godaan-godaan yang datang dari arah manapun. Bisa dari teman, dari orang tua, dari pacar, dari mantan, atau dari abang tukang siomay yang sering lewat depan rumah haha. Dengan mengikuti apa kata hati kita, kita akan mempunyai rasa tanggung jawab untuk mengemban amanah dalam belajar, karena kitalah yang menentukan jurusan kuliah kita sendiri. Jangan sampai kita mengambil kuliah hanya karena ikut-ikutan saja.

Baca Juga : Penyebab Gagal Kuliah

Mungkin demikian tips yang bisa saya bagikan dalam menentukan jurusan di dalam perkulihaan. Secara garis besar tiga tips diatas adalah apa yang saya lakukan dalam menentukan jurusan di perkuliahan. Semoga tips ini pun bisa digunakan oleh teman-teman jejeblog semua. Sukses gaes. jejeblog-

1,137 total views, 1 views today

Check Also

Ujian Akhir Semester

Alhamdulillah… UAS Minggu Pertama Lancar

Akhirnya bisa update ini blog setelah beberapa hari lebih banyak beraktivitas di dunia nyata dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *