Home » Hobies » Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Olahraga Lari

Saat ini olahraga lari lagi ngetrend-ngetrendnya. Banyak sekali event-event menarik dari olahraga yang satu ini. Wajar bila olahraga lari banyak sekali peminatnya karena olahraga yang satu ini adalah olahraga yang murah meriah, tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk melakukannya. Buat kalian yang hobi melakukan olahraga ini, sebaiknya perhatikan 5 hal berikut ini sebelum kalian melakukan olahraga yang menyenangkan ini, yuk langsung di simak saja.

  • Pemanasan

Olahraga apapun pasti diwajibkan buat melakukan pemanasan tak terkecuali lari. Walaupun olahraga ini adalah olahraga yang ringan dan mudah dilakukan, sebaiknya teman-teman semua melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari. Pemanasan bisa dilakukan kurang lebih 10-15 menit. Pemanasan sebelum melakukan olahraga memiliki tujuan agar otot-otot kita tidak kaget saat melakukan aktivitas olahraga yang salah satunya adalah lari.

  • Pakaian

Gunakan pakaian yang nyaman untuk teman-teman gunakan. Jangan menggunakan pakaian yang membatasi gerak teman-teman saat berlari yang pastinya akan mengganggu. Carilah pakaian yang bahannya mudah untuk menyerap keringat.

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Lari

  • Sepatu

Saat ini sepatu lari banyak sekali jenis dan modelnya di pasaran. Harganya pun bermacam-macam dari yang murah sampai yang mahal banyak tersedia di pasaran. Gunakan sepatu lari yang nyaman buat kaki teman-teman. Dengan menggunakan sepatu yang nyaman tentu akan membuat gerak langkah kaki teman-teman saat berlari menjadi lebih bebas.

  • Teknik Berlari

Dari beberapa referensi yang saya baca, untuk orang-orang yang baru awal-awal melakukan olahraga lari sebaiknya jangan terlalu dipaksakan. Ikuti pola lari-jalan-lari. Misalnya melakukan lari 5 menit berjalan 3 menit dst. Hal ini juga yang biasa saya lakukan. Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah cara mengambil napas. Untuk mengambil dan membuang napas sebaiknya lakukan dengan cara 3 kali melangkah mengambil napas dilanjutkan 2 kali melangkah buang napas.

  • Kondisi Fisik

Pastikan kondisi fisik tubuh kita dalam keadaan yang baik dan prima sebelum melakukan olahraga ini. Dengan kondisi tubuh yang fit tentu olahraga lari akan bisa menjadi olahraga yang menyenangkan dan tentu saja menyehatkan untuk tubuh kita.

Itulah 5 hal yang teman-teman bisa perhatikan sebelum melakukan olahraga lari. Sebenarnya 5 hal diatas adalah hal-hal standar namun mungkin teman-teman masih mengabaikannya. Tentu dengan memperhatikan hal-hal diatas diharapkan olahraga lari yang kita lakukan benar-benar bisa terasa nyaman buat diri kita. Salam sehat. -jejeblog-

2,518 total views, 1 views today

Check Also

image source = (robbreecephotography.com)

Yuk Bersepeda

Hobi ini benar-benar saya baru tekuni kira-kira akhir bulan Desember 2014 lalu. Ini karena setiap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *