Home » Hobies » Bersepeda » Perjuangan Menurunkan Berat Badan

Perjuangan Menurunkan Berat Badan

Tulisan kali ini saya ingin berbagi cerita ke teman-teman semua. Iya cerita, tapi bukan cerita dongeng ataupun cerita legenda yang bikin ngantuk melainkan cerita pengalaman saya yang bersusah payah untuk menurunkan berat badan saya.

Cerita ini dimulai waktu saya berkunjung ke tempat saudara saya. Ketemu keponakan yang memang super duper cerewet dan dibilang “ih perutnya mas jefry gendutan sekarang” hahaha. Tapi saya merasa ga gendutan kok yah mungkin buncit aja kali yah hahaha. Dari kejadian ini saya segera mengecek perut saya dengan berkaca di depan cermin. Ternyata eh ternyata benar dugaan saya, saya terlihat tampak seksi hahahaha alias memang perut saya agak maju kedepan. Saya mengambil kesimpulan ternyata puasa tahun ini bukannya malah bisa menurunkan berat badan tapi malah menaikkan berat badan saya.

Singkat cerita saya menimbang berat badan saya dengan timbangan manusia tentunya, bukan timbangan beras gaes dan memang berat badan saya naik yang normalnya 75 kg menjadi 79 kg. Wah 1 kg lagi genap 80 kg dan pasti bisa dapat piring cantik hahaha. Dari sinilah kepikiran bahwa saya harus diet.

Akhirnya saya cari informasi sana sini mengenai diet dan ternyata diet itu beragam macamnya. Akhirnya saya mencoba yang namanya diet OCD dari om Deddy, namun sekitar setengah bulan menjalankannya saya tidak cukup kuat alias mudah sekali tergoda dengan makanan-makanan yang menggugah selera saya.

OCD

Melakukan percobaan OCD ini saya lakukan pada awal-awal bulan Agustus sampai dengan pertengahan Agustus, karena menurut saya OCD mudah saya coba lakukan tapi yah apa mau dikata memang saya masih selalu bisa tergoda dengan namanya makanan yang yummmyyy .

OK, sempat menyerah juga karena diet OCD tidak berhasil. Akhirnya saya mencoba mengoreksi diri saya pribadi, apa yang salah dengan diri saya. Setelah saya koreksi saya adalah pemakan segala, segala makanan pasti bisa masuk ke perut apalagi yang namanya gorengan, itu ngga bisa di ganggu gugat hahaha dan saya termasuk orang yang suka banget ngemil..ngemil apa aja apalagi kalau gratis hihihi. Dan setelah mengetahui kekurangan saya malah menjadi berpikir “sepertinya ngga mungkin bisa buat turunin berat badan” dan saya juga pernah membaca suatu artikel bahwa orang yang berusia antara 20 – 26 tahun besar kemungkinan untuk perutnya membuncit.

Hmmm….dari sini saya coba menelaah *eh bahasa apaan itu menelaah hahaha, apa sih arti diet itu sebenarnya. Kalau saya ambil kesimpulan sebenarnya diet itu adalah mengatur pola makan kita alias kita dituntut untuk hidup sehat. Nah, disinilah saya berpikir untuk bagaimana diet dengan cara saya sendiri. Diet OCD saya tidak bisa lakukan karena setiap pagi saya pasti harus terlebih dahulu sarapan dan kalau tidak sarapan badan terasa lemas banget, makanya gagal hahaha.

Baca-baca mengenai artikel nabi Muhammad tentang bagaimana adab beliau makan, cara beliau makan dan makan apa saja beliau. Saya akhirnya mendapat inspirasi gaes. Inspirasi saya ini coba saya jalankan dari beberapa minggu di akhir bulan Agustus, apa yang saya lakukan?? Ini dia :

  1. Puasa Senin – Kamis

Karena saya seorang muslim dan memang disunnahkan juga oleh Rasulullah untuk menjalankan ibadah puasa sunnah senin dan kamis, saya mencoba melakukannya. Puasa ini bertujuan untuk melatih menahan hawa nafsu dan tentu mengistirahatkan sejenak organ-organ yang ada di dalam tubuh kita. Saya coba untuk menjalani puasa senin dan kamis secara rutin hingga tulisan ini dibuat.

  1. Olah Raga Rutin

Saya sebenarnya sudah punya hobi olahraga rutin yaitu bersepeda, tapi dalam pemikiran saya mungkin kalau hanya olahraga bersepeda saja masih kurang untuk membakar kalori di tubuh. Saya biasa bersepeda seminggu dua kali saja dengan rute pulang pergi rata-rata dengan jarak tempuh 30-40 km. Akhirnya saya siasati dengan menambah porsi olahraga saya dengan berjogging ria, minimal seminggu 2 kali untuk rata-rata jarak tempuhnya saya hanya menempuh kurang lebih 3 – 4 km saja. Nah, kemudian setiap bangun pagi dan menjelang sore saya selalu melakukan olahraga-olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam ruangan seperti full plank, half plank, sit up, push up dsb dengan durasi kurang lebih 15-20 menit, ini saya lakukan rutin setiap hari, biasanya kalau saya sedang malas untuk jogging saya menggantinya dengan olahraga di dalam ruangan ini dengan menambahkan porsi waktunya.

  1. Mengatur Pola Makan

Kalau ini sih saya contek dari program dietnya OCD, namun karena saya orangnya tidak bisa untuk meninggalkan sarapan yah berarti mau tidak mau memang harus sarapan. Untuk makan siang saya makan apa saja, maklumlah kalau siang pasti tenaga sudah banyak yang terbuang kan?? Jadi mau makan apa saja pasti bisa masuk, tapi sebisa mungkin saya menghindari gorengan. Nah, setelah makan siang ini sebisa mungkin tidak ada lagi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat pertama kali melakukan ini saya masih merasakan kesulitan karena memang saya termasuk orang yang suka banget ngemil. Tapi akhirnya bisa menaklukannya juga hihihi.

Diet

Nah itu dia 3 cara yang coba saya terapkan untuk program diet saya. Sampai tulisan ini terpublish saya bisa menurunkan 3 kg dari berat badan saya. Target awal saya, saya ingin mengembalikan berat badan saya ke 75 kg terlebih dahulu dan jika berhasil saya ingin menurunkannya lagi mungkin disekitaran 73 / 72 kg pokoknya biar perut ngga terlihat terlalu buncit lah. Masa belum nikah perut udah buncit duluan kan ngga sekseh gaes hahaha.

Nah, itu dia cerita pengalaman saya untuk menurunkan berat badan dengan cara yang bisa dikatakan mudah dan sudah sering terdengar di telinga teman-teman. Saat tulisan ini terpublish juga saya masih rutin melakukan hal-hal yang tersebut diatas karena berat badan saya masih belum kembali ke angka 75 kg. Buat yang punya pengalaman yang sama dengan saya bisa juga lho bercerita di kolom komentar hehehe.

6,623 total views, 7 views today

Check Also

Sebelum Bersepeda, Cek Terlebih Dulu Hal-Hal Berikut

Bersepeda adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan tentunya juga menyehatkan. Tapi bagaimana jika bersepeda …

2 comments

  1. semua poin-poin tipsnya penting. tapi kalo menurut aku sih yang paling penting ituh mah atur pola makannya. walaupun olah raga, puasa senin kemis penting juga sih. namun menurut saya pola makan itu prioritas. sebab kalo pola makan tidak dijaga, bukan hanya berat badan yang bermasalah tapi juga kesehatan organ tubuh lain juga, kaya jantung, dll.

    perbanyak baca tips kesehatan dan kecantikan biar banyak pengetahuannya.

    terima kasih 🙂

  2. perbanyak baca tips kesehatan dan kecantikan biar banyak pengetahuannya.

    terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *