Home » Hobies » Bersepeda » Mengapa Bersepeda??
cycling

Mengapa Bersepeda??

Pagi ini buka BBM ada teman saya menyapa dan menanyakan mengapa saya jadi hobi bersepeda? Padahal dulu saya jarang sekali untuk melakukan olahraga. Paling satu bulan sekali hanya jogging sekitar 3 km dengan waktu yang cukup lama hihhihi.

Nah, back to topic kenapa saya jadi hobi bersepeda. Menjawab pertanyaan teman saya tersebut sayapun hanya menjawabnya “bersepeda itu keren.” Yuhuuu…menurut saya pribadi yah, penilaian tentang hobi yang satu ini emang benar-benar keren. Kerennya apa?? Salah satunya adalah mengurangi polusi dan juga menjaga kesehatan terutama jantung kita. Jujur saja badan saya ini terasa manja banget gaes kalau diajak olahraga. Dulu waktu sekolah SMA sering sekali disuruh lari 2,4 km untuk pemanasan, dihitung-hitung saya banyak berhentinya daripada berlari dan ngerasa cepet banget yang namanya ngos-ngosan, jika tidak salah mengingat waktu tercepat saya untuk lari 2,4 km ini adalah 13 menit lebih. Terlalu lama untuk seorang cowo bukan?? Dan diusia SMA yang bisa dibilang usia abegeh 

Baca Juga : Hal-Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Bersepeda

Apalagi sekarang kuliah, ngga ada tuh yang namanya pelajaran olahraga di matakuliah. Iya, kita harus mandiri untuk diri sendiri. Apalagi untuk kesehatan bagi saya yang kuliahnya cukup jauh dari orang tua merupakan suatu yang penting. Berawal dari sinilah saya berpikir untuk mencari hobi yang bisa menjaga stamina tubuh. Dulu awalnya saya berpikir untuk mengikuti fitness, tapi nyali saya ciut melihat perut saya yang rada sedikit maju dan badan kerempeng gini hihihi. Jadi ngga jadi deh mengikuti fitnessnya. Nah, karena ayah saya hobi bersepeda akhirnya saya berpikir bagaimana kalau bersepeda, akhirnya saya konsultasikan dengan ayah saya yang memang sudah lebih dulu menggeluti hobi ini kurang lebih 4 tahunan. Intinya yang saya simpulkan dari ayah saya yang sudah hobi bersepeda ini jantung jadi lebih kuat, ayah saya sudah berusia 51 tahun lho gaes. Dari sini lah niat saya bulat untuk menekuni hobi yang satu ini. Oh iya ada pengalaman yang cukup memalukan buat saya pribadi gaes dengan ayah saya. Saya pernah diajaknya untuk bersepeda bersama, kurang lebih jaraknya hanya 18 km. Dengan usia saya yang masih berkepala dua dan ayah saya yang sudah berkepala lima saya tidak bisa menyusul ayah saya bersepeda, jantungnya benar-benar sudah kuat banget gaes. Saya benar-benar kualahan hihihi.

Nah, diatas adalah nostalgia kenapa saya berkecimpung di hobi yang satu ini. Ini alasan-alasan saya mengapa bersepeda itu keren.

>> Bersepeda mengurangi polusi

Sudah jelas kan bersepeda bisa mengurangi polusi terutama di kota-kota besar. Bersepeda juga bisa membantu pemerintah untuk mengurangi kemacetan. Bersepeda kan ngga menggunakan mesin, kita sendirilah mesinnya yang ramah lingkungan hihihi.

>> Menjaga kesehatan

Kalau yang satu ini semua pasti sepakatlah, ngga hanya bersepeda saja. Olahraga-olahraga lainpun intinya adalah untuk menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh kita apabila dilakukan dengan rutin. Untuk bersepeda sendiri lebih banyak efeknya ke kesehatan jantung, karena olahraga bersepeda ini lebih banyak memicu jantung untuk bekerja hihihi sok tau yah saya 

>> Menambah teman baru

Kalau bersepeda itu senangnya sewaktu ketemu goweser lain di jalan, bisa saling sapa walaupun ngga kenal. Terkadang di tempat-tempat pemberhentian atau peristirahatan kita juga saling sapa, ngobrol sana-sini dari yang awalnya ngga kenal bisa ajah jadi langsung akrab gitu. Kali ajah bisa nemu jodoh gaes :p

>> Bisa menikmati alam

Karena saat ini saya kuliah di daerah Bandung yang alamnya menurut saya masih bagus, saya bisa merasakan betapa indahnya alam kota Bandung ataupun pemandangan kota Bandung ketika lagi gowes. Yang jelas menikmati alam dengan bersepeda itu terasa menyenangkan sekali. Butuh bukti?? Silahkan buktikan sendiri.

>> Bersepeda mengindikasikan orang-orang yang berpikiran maju

Jangan marah dulu untuk alasan yang satu ini gaes. Disini saya memposisikan sepeda sebagai alat transportasi yah, sisihkan dulu sebagai olahraga. Di negara-negara maju sana orang-orang sudah banyak yang beralih menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya lho. Coba deh lirik negara-negara di Eropa, kemudian di Amerika dan juga Jepang. Negara-negara maju seperti itu masyarakatnya justru banyak menggunakan alat transportasi sepeda untuk mencapai tempat tujuannya lho. Bahkan orang berjas dan berdasi pun ngga malu untuk menggunakan sepeda. Jadi dengan begitu kita juga membantu untuk mengurangi polusi kan?? Bagaimana dengan teman-teman??

Demikian alasan-alasan keren menurut saya pribadi kenapa saya jatuh cinta dengan hobi yang satu ini. Tapi mungkin alasan-alasan saya tersebut tentu bukan acuan teman-teman juga yang sudah lama berkecimpung di hobi yang satu ini. Pada intinya sih hobi saya adalah berolahraga yang fungsinya untuk menjaga kebugaran tubuh. Mungkin teman-teman yang lain juga memiliki hobi yang lain yang mempunyai fungsi yang sama?? Silahkan ditekuni ya gaes.

906 total views, 3 views today

Check Also

Cyclo Computer Perlu Tidak Sih?

Alhamdulillah hari ada aksesoris baru yang saya beli untuk sepeda saya. Yupss sesuai judulnya, hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *