Home » Hobies » Bersepeda » Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Manfaat Bersepeda Secara Rutin

Haloha gaes…kesempatan kali ini saya ingin berbagi manfaat bersepeda secara rutin yang sudah saya rasakan manfaatnya ke diri sendiri. Terhitung dari awal bulan Januari 2015 sampai dengan tulisan ini ter-publish di blog, saya masih bersepeda. Walau hanya bersepeda sekitar 2 – 3 kali dalam seminggu namun banyak manfaat yang saya rasakan dengan menekuni hobi bersepeda ini. Apa saja manfaat-manfaatnya?? Mari disimak gaes.

>> Jantung menjadi sehat

Sebenarnya untuk manfaat yang pertama ini sulit yah untuk mengukurnya, kalau kita ngga ke dokter untuk melakukan checkup, apakah benar jantung kita menjadi lebih sehat setelah melakukan bersepeda dengan rutin. Tapi bagi saya untuk mengetesnya mudah saja. Di awal-awal saya mulai menggeluti hobi bersepeda saya hanya mampu bersepeda kurang lebih 10-15 km dengan tipe jalan datar, kalau ketemu tanjakan saya pasti balik kanan atau mencari jalan yang datar hahaha. Porsi mengayuh sepedanya pun termasuk pelan gaes dan banyak melakukan istirahat untuk mengambil nafas panjang. Namun, saat ini saya justru paling senang ketika diajak untuk menanjak. Sebagai perbandingan saat awal-awal menaklukan tanjakan menuju Tahura saja saya sempat berhenti untuk mendorong sepeda saya, namun saat ini Alhamdulillah bisa lancar melibas tanjakannya. Kesimpulannya berarti memang benar bersepeda melatih jantung dan juga menyehatkan jantung.

>> Mengencangkan otot kaki

Nah kalau manfaat ini terasa banget gaes. Dikarenakan saya berangkat ke kampus dengan berjalan kaki yang kurang lebih berjarak 1,5 km dengan tipe jalan yang naik turun alias menanjak. Sewaktu belum hobi bersepeda ini saya tekuni saya sering banget ngos-ngosan untuk jalan ke kampus, bahkan sering banget kaki terasa pegal-pegal. Tapi, justru setelah saya rutin untuk menjalani hobi bersepeda saya jadi lebih santai untuk berjalan dan malah tidak merasakan capek. Selain itu kaki saya juga terasa lebih kencang, ini berarti membuktikan bahwa memang benar otot kaki saya lebih kencang dari sebelumnya. Kalau ngga percaya nih pegang aja nih…pegang  sekalian pijetin hahaha…

Manfaat Bersepeda
Manfaat Bersepeda

>> Stamina Tubuh Bertambah

Saya bisa bilang saya adalah orang yang termasuk mudah untuk terserang penyakit seperti flu dan batuk. Apalagi di musim-musim pancaroba, sudah pasti saya akan terkena serangan flu dan batuk. Terlebih jika ada teman atau saudara bahkan keluarga yang terkena lebih dahulu, pasti saya akan bisa tertular dengan cepat. Namun, setelah saya rutin bersepeda untuk terserang penyakit berupa flu dan batuk menjadi lebih jarang. Bahkan hampir tidak pernah. Ataupun jika terserang flu hanya berlangsung sekitar 2-3 hari dan paling lama hanya sekitar 1 mingguan. Yaps, padahal sebelumnya kalau saya terkena flu dan batuk bisa sampai 2 mingguan dan paling lama bisa sampai 1 bulanan. Dari sini saya bisa menyimpulkan bersepeda dengan rutin bisa meningkatkan stamina dan juga daya tahan tubuh.

>> Bertemu Dengan Orang-Orang Baru

Salah satu manfaat bersepeda yang lainnya adalah kita bisa bertemu dengan orang-orang baru di jalan atau tempat-tempat istirahat. Dimana dengan menyapanya saja kita sudah seperti merasa kenal. Apalagi kalau sudah sampai ngobrol ngalor ngidul, bisa-bisa malah menjadi teman akrab. Syukur-syukur ketemu dengan orang baru berlawan jenis, bisa jadi jodoh mungkin hahaha. Hal ini saya rasakan ketika beristirahat di Tahura ataupun Warban. Ketika orang-orang lain atau komunitas-komunitas bersepeda sedang melakukan istirahat, saya biasanya diajak mengobrol atau bahkan saya duluan yang membuka obrolan. Dari sekedar ngobrol biasanya kita bisa tukar kontak dan bisa saling bertukar informasi mengenai sepeda.

Demikian 4 manfaat yang saya rasakan dalam menekuni hobi bersepeda ini. Tentu masih banyak manfaat-manfaat lainnya dari bersepeda, namun disini saya hanya menjabarkan dari apa yang saya rasakan saja. Untuk teman-teman yang mempunyai hobi yang sama dengan saya boleh lho untuk share manfaat apa saja yang teman-teman rasakan setelah menekuni hobi bersepeda secara rutin, silahkan berikan komentarnya ya gaes.

1,558 total views, 1 views today

Check Also

Sebelum Bersepeda, Cek Terlebih Dulu Hal-Hal Berikut

Bersepeda adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan tentunya juga menyehatkan. Tapi bagaimana jika bersepeda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *