Home » Hobies » Bersepeda » Cyclo Computer Perlu Tidak Sih?

Cyclo Computer Perlu Tidak Sih?

Alhamdulillah hari ada aksesoris baru yang saya beli untuk sepeda saya. Yupss sesuai judulnya, hari ini saya beli cyclo computer atau biar ngga belibet dan kepanjangan untuk nyebutinnya yah sebut speedometer wae. Cerita dulu yah tentang aksesoris yang satu ini, ngga apa-apa toh gaes??

Awalnya niat untuk membeli cyclo computer ini karena desakan oleh teman-teman bersepeda dan juga babeh sudah lama menyuruh untuk membelinya. Sebelumnya memang saya ngga pernah pake cyclo computer, sederhana pemikiran saya, lah wong saya pake sepeda MTB dan mayoritas jalan yang dilewati jalan rusak atau malah main di medan tanah alias blusukan. Jadi saya pikir kurang efisien jika menggunakan cyclo computer di sepeda MTB saya. Namun, akhir-akhir ini jadi sering gowes di jalan raya dan merasa perlu nih buat beli aksesoris yang satu ini. Sebelumnya memang saya lebih memanfaatkan aplikasi sport tracker bernama STRAVA atau MAPMYRIDE+ sebagai pengukur kecepatan dan juga mengukur jarak tempuh bersepeda saya. Namun rasa-rasanya jika menggunakan aplikasi kita tidak bisa melihat secara langsung kecepatan kita ketika sedang gowes. Kan ngga lucu masa setiap menit harus ngeluarin smartphone dari saku celana hanya untuk melihat kecepatan gowes kita hihihihi. Dari sinilah akhirnya saya membeli aksesoris cyclo computer ini.

Sebenarnya saya mengincar cyclo computer Cateye Strada Cadence karena ada fitur cadence-nya hanya di Rodalink Otista Bandung sedang kosong dan katanya barang tersebut juga jarang peminatnya karena masih menggunakan kabel. Sedangkan yang sudah wireless memiliki fitur yang sama harganya selisih dua kali lipat dari Strada Cadence yang kabel. Ah daripada nunggu dan belum tentu ada barangnya juga, akhirnya saya mengambil seri Cateye Velo Wireless + seharga Rp 348.000 berikut foto unboxingnya.

DSC_0718 DSC_0722 DSC_0724

Ok, sekarang mulai ke pembahasan dari judul tulisan kali ini sekaligus menjadi pertanyaan, sebenarnya perlu ngga sih untuk membeli cyclo computer? Menurut saya pribadi cyclo computer menjadi perlu kalau kita sudah menganggap sepeda ini adalah sebuah hobi, apalagi jika kita bergabung bersama dengan komunitas-komunitas sepeda, saya rasa aksesoris satu ini perlu sekali. Mengapa? Dengan menjadikan hobi bersepeda tentu kita ingin mengukur batas kemampuan kita dari hari ke hari atau bulan ke bulan, sejauh mana kita bisa menambah kecepatan bersepeda kita dan seberapa cepat sih kita menggunakan sepeda. Tentu dengan mengetahui kecepatan bersepeda kita, kita jadi tahu batas kemampuan kita untuk mengayuh pedal dan mungkin sewaktu-waktu kita bisa meningkatkan tenaga untuk meningkatkan speed bersepeda kita.

Sedangkan jawaban tidak perlu membeli cyclo computer lebih ditujukan untuk teman-teman yang hanya menggunakan sepeda sebagai alat transportasi jarak pendek seperti berkeliling kompleks rumah atau digunakan untuk olahraga mingguan seperti mengikuti kegiatan CFD. Saya rasa jika penggunaan sepeda seperti ini ngga perlu-perlu banget untuk menggunakan cyclo computer deh yah karena kan tujuannya bersepeda pada hal ini hanya untuk sekedar mencari kesenangan saja kan?

Demikianlah jawaban saya mengenai perlu atau tidaknya sih kita membeli dan menggunakan cyclo computer pada sepeda kita. Ini hanya pendapat saya pribadi. Jika teman-teman punya pendapat lain boleh lho di share di kolom komentar di bawah. Salam Gowes.

20,513 total views, 4 views today

Check Also

Sebelum Bersepeda, Cek Terlebih Dulu Hal-Hal Berikut

Bersepeda adalah salah satu hobi yang menyenangkan dan tentunya juga menyehatkan. Tapi bagaimana jika bersepeda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *