Home » Hobies » Bersepeda » Mengenal Jenis-Jenis Sepeda

Mengenal Jenis-Jenis Sepeda

Apakah para pembaca lagi ada rencana untuk membeli sepeda?? Hmmm ada baiknya sebelum membeli sepeda baca dulu yuk postingan saya kali ini tentang jenis-jenis sepeda. “Lho…lho sepeda ada jenisnya juga yah bro??” Yupss sepeda juga berjenis dan banyak sekali jenisnya. Pada postingan ini saya mencoba menjabarkan beberapa jenis sepeda saja yang saya ketahui dari beberapa informasi. Perlu di catat juga nih gaes jenis sepeda satu dengan yang lain memiliki fungsi yang berbeda lho, yah walaupun pada dasarnya tujuan bersepeda itu sama yaitu sebagai sarana untuk olahraga. Yuk mari dibahas aja langsung jenis-jenis sepedanya. Oh iya disini saya mengacu ke produk Polygon yah, eitss tapi ini bukan promosiin produk tersebut lho.

1. City Bike

Dari namanya saja sudah jelas sekali jenis sepeda ini cocoknya dimana kan? Yaps sepeda ini memang didesain untuk digunakan dalam perkotaan dengan jalan yang mulus tidak banyak lubang-lubang, sepeda ini memang sangat cocok buat kalian yang mungkin ingin bike to work atau bike to campus. Memang fungsi sepeda ini hanya untuk sebatas jalan-jalan menyusuri perkotaan sambil mengisi waktu luang. Wajar jika sepeda jenis ini tidak menggunakan suspensi karena memang tidak dirancang untuk menghadapi benturan. Jenis sepeda city bike sendiri diantaranya : folding bike (sepeda lipat), sepeda hybrid dan sepeda tandem.

polygon bike

 

2. Mountain Bike (MTB)

Sepeda jenis ini sepeda yang paling banyak digunakan di Indonesia. Jenis sepeda ini juga sepertinya memang lebih banyak peminatnya dibanding dengan jenis-jenis sepeda yang lainnya. Jenis sepeda ini sebenarnya memiliki fungsi untuk menaklukan medan-medan ringan sampai berat. Seperti lubang-lubang dijalan sampai dengan medan pegunungan yang jalannya terjal, berbatu dsb. Sepeda ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis diantaranya :

Baca Juga : Serunya Bersepeda Menuju Warban Bandung

  • Cross-Country (XC)

Sepeda jenis ini kalau di Polygon terbagi lagi menjadi XC Race dan XC Sport. Pembeda dasar dari XC Race dengan XC Sport adalah bahan pembuat frame sepedanya. Untuk XC Race dominan bahan pembuat framenya adalah carbon. Sesuai dengan namanya fungsi sepeda ini adalah untuk menaklukan jenis-jenis medan yang beragam seperti jalanan beraspal, jalanan perkampungan, medan tanah dsb. Oleh karena itu jenis sepeda ini biasanya sudah bersuspensi, baik bersuspensi depan (fork) atau full suspensi (suspensi depan – belakang). Jenis sepeda ini paling banyak diminati lho di Indonesia.

polygon cxr 2.0
source: polygonbikes.com

  • Downhill

Sudah bisa ditebak kan jenis sepeda ini fungsinya dimana? Yaps sepeda memiliki fungsi untuk melibas jalan-jalan pegunungan / dataran tinggi maupun tanjakan dengan medan berat, terjal dan curam. Karena memiliki fungsi seperti itu jenis sepeda ini biasanya kebanyakan sudah full suspensi yang berguna untuk meredam getaran. Untuk kalian yang tertarik dengan sepeda ini mungkin harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa mendapatkannya atau dari sekarang mulai menabung untuk membeli sepeda ini. Karena jenis sepeda ini termasuk sepeda dengan harga yang bisa saya bilang mahal.

polygon collosus n9
source: polygonbikes.us

2,404 total views, 1 views today

Check Also

Cyclo Computer Perlu Tidak Sih?

Alhamdulillah hari ada aksesoris baru yang saya beli untuk sepeda saya. Yupss sesuai judulnya, hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *