Home » Chit-Chat » [Tips] 5 Tips Membeli iPhone Bekas

[Tips] 5 Tips Membeli iPhone Bekas

Produk iPhone di Indonesia bisa terbilang banyak peminatnya. Walaupun banyaknya smartphone-smartphone lain yang bermunculan namun iPhone tetap mampu untuk tetap bersaing. Termasuk mimin sendiri adalah pengguna iPhone. Bagi orang yang awam mungkin tertarik melihat iPhone karena body smartphone ini terkesan mewah. Namun mungkin bagi sebagian orang menggunakan iPhone merupakan pilihan tepat mengingat banyaknya aplikasi-aplikasi yang bisa support menggunakan perangkat ini. Apalagi iPhone menggunakan OSnya sendiri yang terkenal akan kehandalannya dengan berbagai fitur keren yang ada.

Mungkin dari alasan-alasan tersebut banyak orang Indonesia yang kepincut untuk memiliki smartphone berlogo buah apel ini. Namun yang sangat disayangkan adalah harga smartphone ini yang terbilang sangat mahal sampai-sampai bisa bikin dompet keriput. Menyiasati hal tersebut konsumen justru beralih untuk membeli iPhone bekas agar tetap bisa menikmati sensasi menggunakan iPhone. Nah buat teman-teman yang ingin atau baru berencana membeli iPhone bekas berikut ini mimin akan memberikan sedikit tips agar mendapatkan iPhone bekas berkualitas. Monggo disimak gaes.

1. Minimal iPhone 5S

Ketika teman-teman ingin membeli iPhone bekas pilihlah jenis iPhone minimal iPhon 5S atau lebih baik lagi iPhone 6. Kenapa rekomendasinya minimal iPhone 5S? Karena iPhone tipe ini masih terbilang cukup handal untuk menjalankan aplikasi ataupun game-game yang ada saat ini. Bisa dibilang sih ga terlalu lemot-lemot banget. Nih mimin buktinya pakai iPhone 5S saat ini, untuk main game kelas berat masih terasa nyaman-nyaman aja gaes.

tips membeli iphone bekas
iPhone 5s

Untuk harga baru iPhone 5S 16GB di iBox atau Erafone saat ini berkisar antara 4 jt – 4,5 jt rupiah. Sedangkan jika teman-teman tertarik untuk membeli iPhone 5S bekas perkiraan harganya berada di rentang 3,5 jt – 4 jt.

2. Pastikan Nomor IMEI Tembus

Sederhananya IMEI adalah sebuah no unik yang terdapat di smartphone teman-teman. IMEI sendiri tidak mungkin ada yang sama. Jadi ketika teman-teman memutuskan untuk membeli iPhone bekas pastikan nomor IMEI iPhone tersebut benar-benar tembus jika dicek melalui website. Pastikan juga untuk mengecek IMEI di perangkatnya, kemudian di dus iPhone dan juga backcover iPhone tersebut. Jika sesuai silahkan untuk melakukan transaksi gaes.

tips membeli iphone bekas
Mengecek IMEI iPhone

Buat yang masih bingung bagaimana mengecek IMEI di iPhone, teman-teman bisa pergi ke menu Setting > General > About. Jika ingin cara cepatnya teman-teman cukup menekan *#06#. Maka otomatis nomor IMEI akan keluar. Jika sudah cobalah cek ke website ini untuk mengetahui apakah memang IMEI tersebut adalah IMEI untuk perangkat iPhone. Pada website tersebut teman-teman juga bisa mengecek apakah iPhone bekas tersebut masih bergaransi atau tidak.

3. Ketahui Perbedaan iPhone

Buat yang baru banget ingin menggunakan iPhone dan membelinya dalam keadaan second. Sangat disarankan untuk mengetahui perbedaan jenis iPhone. Jangan sampai ketika teman-teman ingin membeli iPhone 5S malah dapatnya iPhone 5.

tips membeli iphone bekas
Bedanya iPhone 5 dan iPhone 5S

Buat orang awam jika dilihat secara kasat mata perbedaan iPhone 5S dengan iPhone 5 mungkin ga bisa langsung ditemukan bedanya. Tapi secara gampangnya teman-teman bisa melihat di tombol Home. Jika iPhone 5S sudah support sensor sidik jari sedangkan iPhone 5 belum. Perbedaan lainnya adalah iPhone 5S sudah menggunakan dual LED flash.

4. Cek Kondisi Fisik

Ini sangat perlu dilakukan ketika teman-teman memang sudah merencanakan untuk membeli sebuah iPhone bekas. Cek keadaan fisik iPhone tersebut. Seperti tombol home, responsif touchscree, fungsi kamera, suara, dan berbagai hal lainnya. Jangan sampai sudah mendapatkan iPhone yang diinginkan eh dipakai 1-2 minggu langsung rusak, kan malah tambah tekor gaes.

tips membeli iphone bekas
Jenis iPhone

Sangat mimin sarankan kalau ingin membeli iPhone bekas lebih baik melakukannya dengan transaksi COD. Sehingga teman-teman bisa melihat langsung bentuk fisiknya dan juga bisa mengecek langsung iPhone-nya. Jika teman-teman tidak bisa melakukan transaksi secara COD, teman-teman bisa memanfaatkan toko-toko online yang memiliki seller-seller rekomendasi untuk membeli iPhone bekas. Dan jangan lupa untuk meminta garansi minimal 1 bulan gaes.

5. Lakukan Pengecekan Software

Hal penting lainnya selain melakukan pengecekan kondisi fisik adalah pengecekan software. Jangan sampai teman-teman membeli iPhone abal-abal dimana tampilan luarnya iPhone tapi malah menggunakan OS Android. Ingat yah gaes iPhone menggunakan OS buatannya sendiri yaitu IOS dan store aplikasinya bernama Appstore buka Play Store hehehe….

tips membeli iphone bekas
Cek versi iOS

Teman-teman bisa melakukan pengecekan software seperti versi IOS yang dipakai, akun iCloud, dan berbagai hal-hal penting lainnya. Pastikan akun iCloud benar-benar sudah tidak aktif lagi dari akun pengguna yang lawas. Mengingat beberapa kegiatan dalam penggunaan iPhone seperti menginstall aplikasi biasanya diminta untuk memasukkan password iCloud.

Demikian 5 tips singkat untuk teman-teman yang ingin membeli iPhone bekas. Semoga tips-tips yang mimin berikan ini bermanfaat untuk teman-teman yang mungkin saat ini sudah berencana untuk membeli iPhone bekas. Jika ada saran lain silahkan memberikan komentar pada kolom komentar di bawah yah gaes. Terima kasih telah berkunjung ke Jejeblog dan jangan lupa juga untuk like FP Jejeblog yah… See you gaes…

2,231 total views, 2 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *