Home » Chit-Chat » [Tips] Awas Iphone Abal-Abal, Yuk Cek Keasliannya

[Tips] Awas Iphone Abal-Abal, Yuk Cek Keasliannya

Iphone adalah sebuah produk smartphone yang tercipta di muka bumi dengan keindahannya *halah*. Makanya banyak banget nih produsen-produsen smartphone mengacu pada Iphone. Baik itu desain, teknologi-teknologi yang dipakai, software, maupun hardware. Kemudian hadirlah orang-orang yang punya kemampuan untuk membuat replika atau melakukan rekondisi Iphone. Iphone yang harusnya berisi hardware-hardware asli malah digonta ganti sama orang-orang tersebut. Nah, buat kalian yang ingin membeli Iphone kalian harus baca dulu tips-tips yang ingin saya kasih tahu. Jangan sampai kepingin beli Iphone asli malah dapatnya Iphone abal-abal yang dipakai seminggu udah rusak heuheu.

Tips 1 – Cek Menggunakan Itunes

itunes
itunes

Produk Apple semuanya spesial termasuk Iphone. Berbeda dengan smartphone-smartphone lain, ketika Iphone di hubungkan ke PC / laptop, Iphone tidak akan terhubung jika di PC / laptop tersebut belum terinstal Itunes. Di Itunes spesifikasi Iphone akan ditampilkan secara detail. Nah coba sekarang buat kalian yang punya Iphone cek melalui Itunes, Iphone kalian sesuai ngga dengan spesifikasi yang tertera di box Iphone dan juga di menu setting dari Iphone-nya. Kalau ngga sama bisa jadi Iphone kalian abal-abal, buruan dibalikin gih minta ganti rugi hahaha…

Tips 2 – Cek Imei

IMEI
IMEI

Imei adalah nomor unik yang membedakan smartphone satu dengan lainnya. Ngga mungkin nomor Imei itu sama…imposibleee gaess…Cara ngecek imei ada beragam caranya. Cara yang paling simple adalah mencocokkan imei yang ada di box Iphone dengan device Iphonenya. Di Iphone untuk melihat imei bisa mengakses menu Setting > General > About. Atau bisa juga menghubungi *#06#. Ngga sampai disini aja gaes, sekarang coba cek imei Iphone kalian menggunakan website www.imei.info atau ke situs www.iphonefrom.com untuk mengetahui jenis dan model Iphone kalian. Kalau di website tadi imei kalian ngga muncul, bisa dipastikan Iphone kalian …….. *isi sendiri :p*

Tips 3 – Cek Ke Situs Resmi

Cek Keaslian Iphone
Cek Keaslian Iphone

Sekarang banyak banget kan tuh penjual-penjual Iphone yang ngga “resmi” yang bukan ditunjuk Apple untuk menjual produknya di Indonesia. Nah, kalau kalian baru membeli Iphone dari penjual-penjual di counter-counter HP kalian harus segera cek ke situs resmi Apple. Coba akses selfsolve.apple.com/agreementwarrantydynamic.do, di situs ini semuanya akan terdeteksi lengkap termasuk masa garansi dan sisa berapa lama lagi waktu garansi. Ini lebih ditujukan untuk kalian yang baru saja membeli Iphone BNIB yah gaes.

Tips 4 – Apple ID

Apple ID
Apple ID

Iphone yang asli saat pertama kali dihidupkan selalu meminta Apple ID. Jika belum punya maka kalian akan dipandu untuk membuat Apple ID. Gunanya Apple ID adalah untuk melakukan transaksi di jaringan store Apple yang tersedia. Tanpa mempunyai Apple ID tentu kita tidak bisa melakukan transaksi dong gaes. Sekarang cek deh Iphone kalian, apakah terdapat Apple ID dan terdeteksi di Appstore atau Itunes. Iphone abal-abal ngga punya Apple ID yah gaes.

Tips 5 – Ukuran Sim Card

Ukuran sim card
Ukuran sim card

Pada Iphone 4 dan 4S ukuran sim card yang dipakai adalah Mikrosim. Sedangkan semenjak Iphone 5 keatas memakai ukuran sim card yang lebih kecil lagi yaitu Nanosim. Jadi jika kalian menemukan Iphone menggunakan ukuran sim card standard bisa dipastikan itu Iphone abal-abal apalagi sampai ada yang memakai dual sim….Wah ini sudah keterlaluan banget boongnya.

Ok itu kelima tips untuk teman-teman semua yang ingin mengecek keaslian Iphone-nya. Semoga dengan tips-tips yang diberikan teman-teman bisa membedakan Iphone asli dengan Iphone KW/abal-abal atau apapun namanya. Saya sarankan kalau teman-teman ingin membeli Iphone belilah ke seller-seller yang terpercaya atau langsung ke toko yang memang menjual Iphone dengan garansi resmi Apple.

1,764 total views, 3 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *