Home » Chit-Chat » Pilih Masuk Kemana? SMA Atau SMK?
SMA atau SMK

Pilih Masuk Kemana? SMA Atau SMK?

2. Ingin lebih banyak teori atau praktek?

SMA vs SMK

SMA

Seperti sudah dijelaskan di poin pertama diatas, SMA lebih banyak berkonsetrasi di jurusan IPA, IPS dan Bahasa, teman-teman sudah bisa menebak kan? SMA bakal penuh dengan hal-hal apa?? Iya…benar…SMA akan penuh dengan hal-hal berbau teori. Teori ini…teori itu…yang mungkin cukup membuat kepala teman-teman puyeng. Tapi, tidak selamanya SMA penuh dengan teori kok. Jika teman-teman memilih jurusan IPA teman-teman juga akan menemui praktik di mata pelajaran seperti Biologi, Kimia, Fisika. Namun prosentase praktek mungkin hanya 40% sedangkan teori mungkin bisa 60%. Buat teman-teman yang memang suka banget dengan hal-hal berbau teori, teman-teman bisa memilih SMA untuk melanjutkan pendidikan dari SMP.

Baca Juga : Penyebab Gagal Kuliah

SMK

Berbeda dengan SMA, SMK lebih unggul dibidang praktiknya. Jelas lebih unggul dibidang praktik hal ini karena SMK mencetak lulusan-lulusan untuk bisa siap bekerja. Tapi SMK yah tidak selamanya praktik terus, tentu ada teori-teori dasar untuk bisa menjalankan praktiknya. Mungkin prosentasenya kebalikan dari SMA. Maka dari itu yang namanya SMK kebanyakan pulang sore atau bahkan pulang malam, hal ini dikarenakan memang siswa/i SMK banyak melakukan praktek-praktek di sekolahnya.

3,838 total views, 3 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *