Home » Chit-Chat » Pengalaman Kurang Memuaskan Menggunakan Traveloka.Com
Traveloka

Pengalaman Kurang Memuaskan Menggunakan Traveloka.Com

Sebelum melanjutkan membaca harap teman-teman perhatikan bahwa tulisan ini bukan bermaksud untuk mempromosikan, menjatuhkan ataupun mencemarkan nama baik situs Traveloka.com. Tulisan ini adalah pengalaman pribadi saya yang ingin saya bagikan terhadap teman-teman semua dan juga sebagai sarana pemberian saran terhadap situs Traveloka.com.

Rabu pagi pukul 08.00 saya ditelpon oleh Ibu saya, dikira ada apa-apa ternyata Ibu saya menyuruh untuk memesankan tiket pesawat dari Yogyakarta ke Balikpapan pulang-pergi. Langsung buka laptop, kemudian tancap modem dan langsung saya buka situs favorit penjualan tiket favorit saya di Tiket.com dan mengecek jumlah total biaya tiket tersebut, ternyata cukup mahal. Tiba-tiba adek saya chatting melalui Facebook dan mengabarkan di situs Traveloka harganya lumayan murah. Ok, tanpa pikir panjang saya langsung mengecek ke Traveloka dan saya memasukkan semua data-data yang harus diinputkan, setelah itu keluarlah total seluruh biaya yang harus saya transfer jika jadi mengambil tiket ini. Setelah keluar total biaya, memang harga di Traveloka ini lebih murah dibandingkan Tiket.com, walaupun selisihnya tidak terlampau jauh, hanya sekitar Rp 51.000 saja.

Ok, tanpa pikir panjang saya lakukan registrasi di situs Traveloka, registrasi berjalan lancar tidak memerlukan waktu lama untuk registrasi di situs ini, mungkin sekitar 5 menitan akun saya sudah di verifikasi. Langsung saya melanjutkan pemesanan tiket pesawat tersebut. Disini saya sudah mendapatkan kendala, waktu saya memasukkan data penumpang dan ingin melanjutkan untuk konfirmasi guna melakukan pembayaran, keluar pop-up dari Traveloka.com bahwa situs dari maskapai sedang mengalami gangguan, saya dianjurkan untuk mencari maskapai lain. Nah, karena penasaran saya mencoba di situs Tiket.com ternyata sama, maskapai yang saya pesan ternyata situsnya sedang ada gangguan. Disini akhirnya saya menunggu agar sistem bisa kembali lancar. Pemikiran saya mungkin situs maskapai sedang sibuk-sibuknya, maklum mendekati lebaran.

Saya kembali membuka situs Traveloka.com sekitar pukul 13.30 untuk melakukan pemesanan ulang dan pada saat itu berhasil, keluar halaman untuk saya melakukan transfer ke no rekening Traveloka ini. Akhirnya saya melakukan transfer menggunakan jaringan ATM Bersama, sekitar pukul 14.00. Setelah melakukan transfer, saya kira akan mendapatkan sms pemberitahuan jika saya sudah melakukan pembayaran, karena pemikiran saya sistemnya langsung membaca transfer dari user yang sudah membayar. Kemudian apa yang saya lakukan? Saya membuka e-mail saya dan mengecek ada inbox dari pihak Traveloka.com dan memberitahu jika sudah melakukan transfer harap melakukan konfirmasi dengan melakukan upload foto hasil transfer. Ok, akhirnya saya langsung upload foto hasil transfer yang berhasil saya lakukan, catatan saja gaes, sewaktu saya melakukan transfer struk di ATM tidak keluar, mungkin sih kehabisan, tapi saya menggunakan SMS Banking dan juga e-mail jadi transaksi di atas 1 juta akan dikabarkan melalui e-mail dan juga sms, berikut ini screenshoot dari bukti pembayaran saya.

Show

Show

buktitransfer

Disini saya diuji kesabarannya nih karena di PHP-in sama Traveloka. Sudah ada satu jam lebih dari saya konfirmasi pembayaran namun e-tiket saya belum juga diterima melalui email. Sebagai catatan di e-mail yang Traveloka kirim untuk melakukan konfirmasi pembayaran di tulis jelas bahwa proses verifikasi pembayaran maksimal adalah satu jam. Cukup panik dengan hal ini, karena benar-benar berbeda dengan sistem yang diterapkan di situs sebelah. Akhirnya saya menghubungi pihak CS Traveloka melalui e-mail yang beralamat di cs@traveloka.com. Hmmmm…cukup lama menunggu balasannya, mungkin ada sekitar 45 menitan, di sela-sela menunggu itu juga akhirnya saya menghubungi CS yang online secara langsung di situsnya dan saya membeberkan kejadian yang saya alami. CS yang saya hubungi hanya menyampaikan saran agar saya tetap menunggu dan meninggalkan alamat e-mail untuk nanti segera dihubungi. Disini saya sedikit kecewa, kenapa?? Karena menurut saya pelayanannya terlampau telat dan ini benar-benar membuat panik karena jumlah uang yang ditransfer bukan nominal yang kecil. Akhirnya pihak CS membalas e-mail saya kira-kira pukul 17.00, isi e-mail intinya sama seperti yang disampaikan oleh pihak CS online. Lagi-lagi saya dibuat kecewa, karena sebenarnya saya tidak mengharapkan jawaban yang seperti itu, harapan saya sebenarnya adalah jawaban yang pasti, apakah memang sistem sedang mengalami gangguan, sehingga sistem memakan waktu yang lama untuk melakukan verifikasi pembayaran yang sudah saya lakukan.

Ketakutan saya semakin menjadi, akhirnya saya menelpon Ibu saya dan menjelaskan semua kronologinya. Terus Ayah saya nyeletuk di sela-sela telpon itu, kata ayah saya di Traveloka memang gitu, teman Ayah saya pernah melakukan booking hotel dan konfirmasi pembayarannya pun lama. Wah saya semakin kesal disini. Akhirnya saya membuka halaman Facebook Traveloka dan saya menuliskan kronologi ini. Nah disini saya menemukan kejadian yang sama menimpa user lainnya. Ternyata kejadian yang saya alami ini juga dialami oleh user lainnya. Hmmm saya berpikir “kok sistemnya buruk gini yah”. Berikut screenshoot dari user yang memiliki keluhan yang sama dengan saya.

Show

Show

FB1

FB2

FB3

FB4

Setelah saya mengadukan kejadian ini di halaman Facebook Traveloka, selang berapa menit saya mendapatkan e-mail dari BRI bahwa uang yang saya transfer ke rekening Traveloka dikembalikan, berikut ini screenshoot dari BRI dan screenshoot dari email Traveloka yang menjelaskan mengapa dilakukan pengembalian.

Show

Show

Travel

travel2

Hmmm…disana tertulis jelas, bahwa transfer beda bank akan diproses selama 3-5 hari. Heh… yang benar saja, masa iya lama sekali prosesnya. Biasanya juga walaupun beda bank, proses bisa berjalan lancar kok dan tidak memakan waktu selama itu. Saya benar-benar greget banget sewaktu membaca e-mail tersebut.

Kesimpulan saya adalah sistem Traveloka masih harus banyak diperbaiki kemudian saran saya adalah mohon untuk CS bisa tanggap dan cepat untuk memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya. Jika memang sedang terjadi gangguan pada sistem mohon untuk bisa diberitahukan ke user, agar user tidak cemas dan menunggu kepastian yang memakan waktu cukup lama, mengingat jumlah transfer yang dilakukan memiliki nominal yang jumlahnya besar. Pengalaman saya di situs sebelah setelah melakukan transfer dan mengirim bukti transfer untuk di verifikasi tidak memakan waktu yang lama kok, mungkin sekitar 30 menitan dan SMS notifikasi verifikasi akan masuk untuk memberitahukan bahwa e-tiket sudah dikirim ke e-mail. Tapi, saya acungi jempol untuk Traveloka karena telah merespon keluhan saya walaupun memakan waktu yang cukup lama dan akhirnya uang saya dikembalikan lagi.

14,904 total views, 28 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

4 comments

  1. maaf mau tanya… emank untuk pembayaran di traveloka bisa menggunakan mbanking/sms banking ya???

    mohon jawabanya mbk…
    salaaammm….

  2. Maaf ya, mgkin anda pas kena gk enaknya.
    Sy pengguna traveloka sejak thn 2011. Selama ini tidak ada keluhan. Tiket lancar, hotel jg lancar.

    • Yah mungkin saya lagi kurang beruntung saja. Istilahnya dari 1000 barang yang diproduksi pasti ada beberapa persen yang cacat. Tapi untuk saat ini Traveloka sudah mempunyai pelayanan yang bagus kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *