Home » Chit-Chat » Mudah Dan Nyaman Berbelanja Di Bukalapak

Mudah Dan Nyaman Berbelanja Di Bukalapak

Situs jual beli online atau nama kerennya e-commerce di Indonesia saat ini sedang maju dengan pesatnya. Ini terbukti dengan semakin banyaknya e-commerce yang hadir di Indonesia dan tentu saja kehadiran satu e-commerce baru akan menciptakan persaingan dengan e-commerce lainnya. Nah, tentu untuk meningkatkan daya saing dan juga bisa diterima atau diminati oleh masyarakat tentunya e-commerce harus mempunyai sesuatu yang “unik” untuk membedakan satu dengan yang lainnya dan e-commerce memeliki keunikan tersebut adalah Bukalapak. “unik”?? Ini karena sistem pembayaran di Bukalapak berbeda dengan yang lainnya. Jika di tempat jual beli online lain masih menerapkan pembayaran langsung dari pembeli ke penjual beda halnya dengan situs jual beli Bukalapak. Di Bukalapak, sistem pembayaran yang terjadi adalah pembeli melakukan transfer terlebih dahulu ke pihak Bukalapak, setelah barang yang dibeli sampai ke tangan pembeli, maka pihak Bukalapak akan meneruskan transfer pembeli ke penjual. Tentu dengan sistem pembayaran seperti ini akan sangat menjamin keamanan, terutama keamanan para pembeli yang biasanya takut tertipu oleh para penjual.

bukalapak_blog_competition
Bukalapak Blog Competition

Pengalaman Berbelanja Di Bukalapak

Dulu awalnya saya ragu-ragu untuk berbelanja di Bukalapak karena saya pribadi punya pengalaman buruk untuk berbelanja online. Apalagi waktu itu saya juga berpikir kalau Bukalapak ini sama saja seperti situs jual beli online yang lainnya. Alias tidak ada jaminan keamanan dalam proses transaksinya. Tapi akhirnya dugaan saya di patahkan gaes sama teman saya yang sudah beberapa kali berbelanja online di situs ini. Tapi yah tetap saja, saya masih belum yakin 100% lah. Namun, setelah teman memberitahukan transaksi yang telah dilakukan di Bukalapak ini saya jadi bisa yakin kalau situs ini memang memberikan keamanan dalam proses transaksi. Apalagi teman saya bercerita sedikit mengenai sistem pembayaran yang sudah saya jelaskan pada tulisan diatas, tentu membuat saya lebih yakin lagi gaes.

Barang yang pertama kali saya beli adalah sepatu lari. Untuk mencari produk-produk sepatu yang saya inginkan cukup manfaatkan kolom search yang tersedia di Bukalapak, bakal banyak banget deh model-model sepatu olahraga yang muncul, sampai-sampai bikin saya bingung dan melompong buat milihnya. Dari hasil pencarian bakal tampak informasi mengenai siapa pelapaknya (penjual), lokasi pelapak, feedback, serta yang paling penting adalah harganya gaes. Setelah halaman demi halaman terbuka dan menit demi menit ngebandingin harga satu pelapak dengan pelapak lainnya, akhirnya saya berlabuh ke pelapak yang bernama Maradona Saragih yang menurut saya harganya paling pas di kantong mahasiswa seperti saya dan model sepatunya pun adalah model sepatu yang saya inginkan. Setelah bertanya dengan pelapak untuk memastikan adanya stok barang yang saya harapkan, langsung deh saya eksekusi dengan menekan tombol beli untuk proses selanjutnya yaitu transaksi gaes. Proses transaksinya pun berjalan dengan lancar dan yang pasti transaksi dijamin aman lah, karena sistem transaksi Bukalapak yang beda daripada situs-situs jual beli online lainnya. Barang dikirim tanggal 20 April 2015 dan sudah sampai tangan ke saya ke esokan harinya. Langsung deh kasih feedback positif ke pelapakanya buat nambah-nambah reputasi sang pelapak.

Bukalapak
Bukti transaksi di Bukalapak

Cara Berbelanja Di Bukalapak

Nah saya mau share nih buat teman-teman semua yang ingin berbelanja di Bukalapak, mungkin masih ada yang bingung gimana sih cara berbelanja di Bukalapak ini. Berikut langkah-langkahnya.

1. Saya yakin teman-teman semua mempunyai smartphone yang sudah menjadi sahabat sehari-hari, teman-teman bisa menggunakan aplikasi Bukalapak dari smartphone teman-teman. Silahkan download aplikasi Bukalapak untuk Android disini dan untuk IOS disini.

2. Buka aplikasi Bukalapaknya, teman-teman bisa mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftaran ini paling hanya memakan waktu sekitar kurang dari 5 menit gaes, ga lama kok.

Bukalapak
Daftar di Bukalapak

3. Mulai lah mencari barang yang teman-teman ingin cari dengan mengetikkan nama barang di fitur search.

Bukalapak
Pencarian barang di Bukalapak

4. Jika sudah ketemu barang yang teman-teman cari, usahakan agar teman-teman menanyakan ketersediaan stok barang yang ingin teman-teman beli dari pelapak dengan memanfaatkan fitur pesan.

Bukalapak
Fitur pesan Bukalapak

5. Jika sudah yakin, silahkan tekan tombol Beli dan lakukan proses selanjutnya yaitu pengisian alamat tujuan serta melakukan proses transaksi.

Bukalapak
Klik tombol beli

6. Tinggal tunggu deh barang sampai ke alamat teman-teman dan jangan lupa kasih feedback positif ke pelapak.

Tips Berbelanja Di Bukalapak

Ini ada sedikit tips dari saya biar teman-teman nyaman berbelanja di Bukalapak.

  1. Carilah pelapak dengan hasil feedback yang baik dan memiliki jumlah feedback yang tinggi. Teman-teman bisa melihatnya terlebih dahulu history feedback dari para pelapak. Pelapak yang mempunyai feedback yang baik tentu pelapak yang bisa dipercaya alias bukan pelapak yang abal-abal. Sehingga teman-teman bisa tenang bahwa barang yang dikirim sesuai dengan yang ditampilkan.
  2. Lakukan perbandingan harga antara satu pelapak dengan pelapak yang lain untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
  3. Manfaatkan fitur pesan untuk bertanya stok barang. Usahakan teman-teman selalu memanfaatkan fitur ini untuk bertanya stok barang yang ingin teman-teman pilih. Ini bertujuan agar teman-teman tidak kecewa nantinya karena menginginkan barang yang berwarna merah misalnya eh yang datang berwarna biru, karena teman-teman lupa menanyakan stoknya.
  4. Teman-teman yang hobi banget belanja, bisa memanfaatkan diskon-diskon yang diberikan di Bukalapak. Situs jual beli online yang satu ini sering banget ngadain diskon besar-besaran gaes. Jadi harus sering-sering ngecek ke Bukalapak.
  5. Kalau barang pesanan sudah sampai ke teman-teman jangan lupa untuk memberikan feedback positif ke pelapak gaes, biar reputasi pelapak juga ikutan naik.
Bukalapak
Jaminan Bukalapak

Hmmm…itulah sedikit cerita pengalaman saya berbelanja di Bukalapak dan sedikit berbagi cara dan tips belanja di Bukalapak. Zaman yang udah modern seperti sekarang rasa-rasanya berbelanja secara offline sudah mulai agak malas dilakukan. Apalagi buat orang-orang yang super sibuk. Yah, dengan begitu cara satu-satunya jika malas melakukan belanja secara offline adalah dengan berbelanja secara online di Bukalapak. Cukup download aplikasinya via smartphone, teman-teman sudah disuguhkan dengan pencarian barang yang super banyak, belanja gampang cuma modal jari gaes.

Nah dengan adanya keunikan dan kelebihan dari situs jual beli online Bukalapak ini, apakah masih ada yang ragu-ragu untuk berbelanja online di situs yang keren ini?? Wah jika masih ragu-ragu teman-teman harus mencobanya terlebih dahulu nih, bisa-bisa ketagihan lho… Selamat berbelanja di Bukalapak Gaes.

1,990 total views, 4 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

2 comments

  1. pokoknya bukalapak keren dah bro…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *