Home » Chit-Chat » [Info] Mengenal Graphic Processor Unit (GPU) Pada Smartphone

[Info] Mengenal Graphic Processor Unit (GPU) Pada Smartphone

Di zaman sekarang ini smartphone tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja tapi juga sebagai alat untuk hiburan. Dari mendengarkan musik, menonton video, sampai memainkan game. Yapss semua aktivitas tersebut bisa dijalankan pada satu perangkat saja.

Semakin maju teknologi semakin baru juga hardware-hardware yang digunakan di dalam smartphone. Salah satu hardware tersebut adalah GPU. GPU adalah singkatan dari Graphic Processor Unit atau bahasa sederhananya unit pengolah gambar pada smartphone. Semakin tinggi versi GPU yang dipakai pada smartphone semakin optimal juga pengolahan gambar yang dihasilkan pada smartphone tersebut.

Untuk para gamers terutama smartphone gamers (ga tau sebutannya ) GPU menjadi salah satu yang harus dipertimbangkan selain otak utama (CPU) yang digunakan pada smartphone. Dengan GPU yang mumpuni maka pengalaman bermain game pada smartphone pun akan terasa lebih terasa. Kesempatan ini mimin bakal kasih tau teman-teman semua brand-brand GPU yang sering dipakai pada smartphone sekarang. Mari disimak gaes.

Mengenal GPU

Graphic Processor Unit atau lebih dikenal dengan singkatan GPU adalah sebuah CPU tambahan yang mempunyai tugas khusus dalam sebuah smartphone atau PC. Tugas khusus tersebut adalah melakukan pengolahan grafis. GPU sendiri sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh NVIDIA saat meluncurkan GeForce 256 pada tahun 1999. Inilah GPU pertama di dunia sekaligus cikal bakal GPU modern.

mengenal GPU pada smartphone
Seputar GPU pada smartphone

Bisa dibilang GPU ini cara kerjanya mirip dengan CPU yang menjadi sebuah otak perangkat komputer, khususnya smartphone atau tablet. Perbedaan yang sangat mencolok antara GPU dan CPU adalah dari sisi arsitektur saja gaes. Jika umumnya CPU memiliki 2 hingga 8 core maka di dalam GPU bisa mencapai angka ribuan lho gaes. Hmmm…jangan terheran-heran dulu gaes. Hal ini wajar karena tugas GPU yang dituntut untuk dapat mengolah grafis pada setiap piksel yang ada pada layar. Dengan banyaknya core yang dimiliki maka pemrosesan grafis bisa berjalan lebih cepat dengan hasil output yang baik juga.

Brand GPU Terpopuler

Nah berikut ini daftar brand-brand GPU yang paling populer digunakan pada smartphone atau tablet saat ini.

1. GPU Adreno

Saat mendengar kata Adreno disitu pasti ada Qualcomm Snapdragon. Ini dikarenakan Adreno dan prosesor Snapdragon adalah satu kesatuan SoC yang paling populer. Awalnya sih Adreno ini merupakan GPU milik ATI. Namun saat itu ATI menggunakan istilah Imageon untuk menyebut GPU miliknya.

mengenal GPU pada smartphone
GPU Adreno

Pada tahun 2008 Imageon yang masih dimiliki oleh ATI ini dibeli oleh Qualcomm. Saat itula Imageon mengganti namanya menjadi Adreno. Nama Adreno sendiri sebenarnya merupakan anagram dari Radeon yang notabene-nya merupakan GPU besutan ATI. Sejak saat itu juga, Adreno menjadi bagian dari Qualcomm dan selalu setia mendapingin prosesor Snapdragon. Dan untuk versi tertinggi GPU Adreno saat ini adalah Adreno 530 yang hadir untuk mendampingi prosesor Snapdragon 820.

2. GPU PowerVR

PowerVR adalah pemain lama di industri GPU. Brand satu ini telah lama menjadi pesaing AMD dan ATI sejak keduanya belum bergabung menjadi satu. Hanya saja pamor PowerVR ini menurun dibandingkan para pesaingnya tersebut. Bisa dibilang saat ini GPU dengan brand PowerVR cukup jarang digunakan pada perangkat smartphone khususnya pada Android. Teman-teman hanya akan menemukan GPU ini pada perangkat besutan Apple seperti iPhone dan iPod saja.

mengenal GPU pada smartphone
Bersanding dengan chipset buatan Apple

Kalau bicara masalah performa PowerVR ga bisa dipandang sebelah mata gaes. Seperti yang sudah mimin kasih tahu, PowerVR ini adalah pemain lama di bidang GPU sehingga GPU ini hadir dengan kekuatannya sendiri. GPU PowerVR terbagi dalam beberapa jajaran seri. Pembagian seri tersebut didasarkan pada performa yang dimilikinya. Meski demikian jarang sekali PowerVR hadir untuk mengisi segmen smartphone kelas menengah ke bawah. Umumnya GPU yang satu ini tersedia pada smartphone kelas atas seperti iPhone.

Varian tertinggi GPU PowerVR adalah seri 7XT. Ini merupakan GPU PowerVR yang paling tangguh di pasaran saat ini. GPU ini hadir sebagai penyempurnaan prosesor Apple A9X yang digunakan pada iPad Pro.

3. GPU Mali

Kalau menyebut nama GPU Mali pasti di depan kata Mali terdapat kata ARM. Ini karena GPU Mali sebenarnya merupakan salah satu produk dari anak perusahaan ARM. Perlu teman-teman ketahui ARM adalah salah satu pemain kunci dalam industri prosesor perangkat mobile.

Berbeda dengan kedua jenis GPU yang sudah dibahas diatas. GPU Mali tidak selalu identik dengan prosesor pada brand tertentu saja. Namun demikian GPU ini umumnya lebih banyak bersanding dengan prosesor besutan Mediatek atau Exynos yang merupakan prosesor besutan Samsung.

mengenal GPU pada smartphone
GPU Mali

GPU Mali sendiri mempunyai beberapa seri yang dibedakan berdasarkan pengolahan grafisnya. GPU satu ini mempunyai jajaran GPU yang beragam guna mengisi pasar yang berbeda. Saat ini seri tertinggi GPU Mali adalah Mali-T880 yang hadir sebagai pendamping prosesor Exynos 8890, Helio X20 dan Kirin 950.

Ketiga brand GPU yang disebut pada postingan kali ini adalah GPU yang sangat populer digunakan pada jajaran smartphone yang ada saat ini. Kalau teman-teman bertanya mana GPU yang paling bagus dalam pengolahan gambar, mimin ga bisa kasih jawaban pastinya yah gaes. Karena setiap GPU memiliki teknologi tersendiri sehingga mempunyai kemampuan dengan kinerja terbaiknya. Nah ga ada salahnya buat teman-teman yang mungkin saat ini ingin membeli smartphone atau tablet terlebih dahulu mengecek GPU yang digunakan pada smartphone atau tablet yang menjadi incaran teman-teman apakah menggunakan GPU Adreno, Mali, atau PowerVR.

Demikian postingan kali ini mengenai brand-brand GPU yang paling populer digunakan pada smartphone atau tablet. Mohon maaf jika ada penulisan seri yang salah pada brand GPU terkait, mohon teman-teman bisa melakukan koreksi. Jangan lupa terus update info-infor review game di Jejeblog yah gaes dan jangan lupa juga untuk like FP Jejeblog. See you gaes…

1,052 total views, 1 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *