Home » Chit-Chat » E-Commerce Di Indonesia, Menguntungkan Atau Merugikan?

E-Commerce Di Indonesia, Menguntungkan Atau Merugikan?

Berbelanja adalah suatu hal yang sangat menyenangkan, apalagi untuk para kaum hawa. Berburu barang impian sampai keluar negeripun rasa-rasanya mau dijabanin demi mendapatkan barang impiannya tersebut. Apalagi jika terdapat diskon besar-besaran di sebuah mall, sudah pasti berbelanja menjadi hal yang benar-benar mengasyikkan.

Seiring perkembangan zaman yang semakin canggih terutama perkembangan dunia internet yang kian hari kian berkembang maka hadirlah yang namanya e-commerce. E-commerce (Electronic Commerce) adalah kegiatan jual beli / pemasaran melalui media elektronik seperti televisi, namun saat ini lebih dominan menggunakan teknologi internet. Dilirik dari sejarahnya e-commerce ini sebenarnya sudah lahir pada tahun 1969 dimana di tahun tersebut juga internet terlahir (baca disini). Namun sekarang e-commerce sudah banyak terlahir dimana-mana. Di Indonesia sendiri e-commerce mulai booming pada tahun 2011. Sampai saat ini pun e-commerce di Indonesia terus berkembang bahkan selalu ada ecommerce-ecommerce baru untuk bersaing dengan yang lain.

E-commerce di Indonesia umumnya banyak yang menjual barang-barang seperti perabotan rumah tangga, fashion, gadget, serta kebutuhan rumah tangga. Coba kita lirik infografis di bawah ini mengenai e-commerce di Indonesia.

Infografis E-commerce di Indonesia
sumber : http://netpreneur.co.id/

Nah dapat disimpulkan yang namanya berbisnis e-commerce ini benar-benar menguntungkan di Indonesia. Mengingat masyarakat Indonesia sendiri adalah masyarakat yang konsumtif dan juga hobi untuk berselancar di dunia maya. Apalagi orang-orang yang tinggal di kota besar dengan tingkat kemacetan yang tinggi yang malas untuk keluar berbelanja bisa benar-benar memanfaatkan e-commerce ini. Hmmm saya rasa perkembangan e-commerce di Indonesia akan semakin berkembang pesat.

Baca Juga : Pengalaman Kurang Memuaskan Menggunakan Traveloka

Namun, hal yang saya takutkan dari perkembangan e-commerce ini adalah sistem transaksi dan pelayanan e-commerce tersebut. Yah, walaupun beberapa e-commerce di Indonesia sudah banyak yang menggunakan kartu kredit sebagai salah satu cara pembayarannya namun tetap saja rasa was-was tetap ada toh? Perlu ada peningkatan lagi di sistem pembayarannya untuk benar-benar aman. Pelayanan e-commerce pun juga perlu ditingkatkan saya rasa. Berdasarkan pengalaman pribadi beberapa ecommerce pelayanannya masih bisa saya bilang buruk, padahal ecommerce tersebut adalah sudah memiliki nama yang cukup besar.

Tapi, bagaimanapun ecommerce saat ini terlahir menjawab kebutuhan para penikmat teknologi. Dengan ecommerce kita ngga perlu lagi cape-cape ke mall dan berdiri lama naik satu lantai ke lantai yang lain. Cukup gunakan gadget kita untuk memilih barang yang dibutuhan kemudian lakukan transaksi dan tinggal menunggu barang datang sampai ke tangan. Harga yang ditawarkan ecommerce pun bisa dibilang lebih murah dibanding dengan harga toko offline. Apakah hal ini akan bisa menggeser toko-toko offline??

1,046 total views, 2 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *