Home » Chit-Chat » Cara Cepat Membuat Website Sendiri Di DOMAINESIA

Cara Cepat Membuat Website Sendiri Di DOMAINESIA

Salah satu manfaat dari ngeblog menurut mimin adalah kita bisa membagi informasi ke semua orang melalui artikel-artikel yang kita buat. Apalagi jika artikel-artikel tersebut mendapatkan komentar dari banyak orang. Rasanya seru dan puas banget gaes. Selain itu ngeblog juga bisa sebagai media untuk menambah teman baru selain dari media sosial yang ada sekarang.

Nah melalui postingan ini mimin mau ngajakin teman-teman Jejeblog yang mungkin punya hobi nulis, suka bercerita, hobi fotografi atau hobi berjualan untuk mempunyai website sendiri. Kenapa sih mimin mengajak teman-teman Jejeblog untuk mempunyai website sendiri? Alasannya biar karya teman-teman ga hanya dilihat oleh teman-teman sendiri saja melainkan orang-orang lain diluar sana yang mungkin karya teman-teman bisa mendapatkan apresiasi lebih oleh banyak orang.

membuat website di domainesia
Fitur Instant Deploy di Domainesia

Jika teman-teman setuju untuk mempunyai website sendiri berarti sekarang saatnya untuk teman-teman membuat website sendiri. Banyak yang bilang kalau membuat website itu sulit. Jawabannya ga kok gaes karena salah satu perusahaan webhostinger terbesar di Indonesia DomaiNesia mempunyai sebuah fitur yang bakalan membantu kamu untuk membuat website sendiri dalam waktu yang singkat. Fitur ini lebih dikenal dengan nama Instant Deploy DomaiNesia. Tapi sebelum teman-teman membuat website sendiri, teman-teman harus mempersiapkan segala sesuatunya. Berikut ini yang harus dipersiapkan teman-teman untuk membuat website.

Persiapan membuat website

1. Tentukan kategori website yang akan dibuat

Sebelum membuat website sebaiknya teman-teman memikirkan terlebih dahulu kategori website yang akan dibuat. Hal ini bertujuan untuk menentukan jenis CMS (Content Management System) yang nantinya akan teman-teman pakai. Misalnya teman-teman ingin membuat website kategori blog, teman-teman bisa memilih WordPress sebagai pilihan CMS yang digunakan sedangkan jika teman-teman ingin membuat website toko online teman-teman bisa memilih salah satu CMS toko online yang terkenal misalnya Prestashop.

2. Menentukan domain

Sederhananya domain bisa diartikan sebagai alamat rumah. Sebaiknya teman-teman menentukan nama domain terlebih dahulu sebelum membuat sebuah website. Lima poin dibawah ini bisa dijadikan patokan dalam menentukan nama domain yang akan teman-teman buat.

  1. Singkat
  2. Mudah di ingat
  3. Tidak menggunakan simbol
  4. Menggunakan nama pribadi
  5. Deskriptif

3. Memilih paket hosting

Setelah menentukan nama domain hal yang tak kalah penting adalah memilih hosting yang akan digunakan. Hosting bisa diibaratkan sebagai rumah untuk menyimpan segala perabotan yang ada. Artinya semakin besar kapasitas hosting yang teman-teman pilih maka semakin besar juga kapasitas penyimpanan untuk website teman-teman.

Dimana saya bisa mendapatkan paket hosting dan domain murah?

Ga perlu stress memikirkan harga hosting dan domain karena mahal gaes. Kalian cukup pergi ke situs www.domainesia.com. Disana kalian akan mendapatkan banyak penawaran yang menarik dengan harga yang pasti masuk akal dan ga akan bikin kantong nangis. Percaya deh sama mimin. Kenapa mimin menyarankan untuk menggunakan DomaiNesia? Karena DomaiNesia ini memiliki fitur-fitur keren seperti penjelasan pada gambar di bawah ini.

membuat website di domainesia
Fitur-fitur di DomaiNesia

 Ok setelah teman-teman Jejeblog mempersiapkan semuanya sekarang saatnya mimin akan menjelaskan langkah-langkah Cara Membuat Website menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia.

Cara membuat website menggunakan Instant Deploy DomaiNesia

Langkah 1 – Buka web browser yang sering teman-teman Jejeblog gunakan kemudian ketikkan URL http://www.domainesia.com. Teman-teman akan dibawa ke halaman utama web DomaiNesia seperti gambar di bawah. Sebelum membuat website teman-teman Jejeblog harus Sign In terlebih dahulu. Jika teman-teman belum memiliki akun silahkan ikuti Langkah 2. Jika teman-teman sudah memiliki akun di DomaiNesia silahkan lanjut ke Langkah 3.

membuat website di domainesia
Membuka halaman utama DomaiNesia

Langkah 2 – Buat teman-teman Jejeblog yang belum memiliki akun di DomaiNesia silahkan klik button Sign Up yang terletak di pojok kanan atas. Nantinya teman-teman Jejeblog akan dihadapkan dengan sebuah form yang harus diisi sesuai dengan identitas teman-teman. Silahkan teman-teman isi kolom-kolom yang disediakan dengan biodata asli.

membuat website di domainesia
Form Sign Up

Jika sudah selesai registrasi teman-teman bisa lanjut ke Langkah 3

Langkah 3 – Untuk yang sudah mempunyai akun silahkan klik button Sign In. Silahkan isi username dan password untuk melanjutkan proses membuat websitenya.

membuat website di domainesia
Form Sign In, sumber: Domainesia

Langkah 4 – Untuk membuat sebuah website menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia, silahkan teman-teman Jejeblog klik Web Apps.

membuat website di domainesia
Pilih Web Apps, sumber: Domainesia

Langkah 5 – Setelah itu teman-teman Jejeblog akan dibawa ke halaman Web Apps dengan beragam pilihan CMS yang bisa teman-teman pilih. Silahkan teman-teman memilih CMS yang sesuai dengan kategori website yang sudah teman-teman tentukan sebelumnya. Setelah itu jangan lupa klik button Pesan.

membuat website di domainesia
Memilih kategori website, sumber: Domainesia

Langkah 6 – Lanjut dengan memilih paket hosting yang akan digunakan nantinya dalam penyimpanan konten-konten website yang teman-teman Jejeblog buat. Silahkan teman-teman pilih paket hostingnya, letak servernya, dan lamanya waktu sewa. Teman-teman Jejeblog ga perlu khawatir dengan harga hosting yang disediakan di DomaiNesia karena harganya dijamin ga akan bikin kantong jebol kok.

membuat website di domainesia
Memilih paket hosting, sumber: Domainesia

Langkah 7 – Tuliskan nama domain yang sudah teman-teman Jejeblog tentukan sebelumnya. Pastikan teman-teman yakin dengan pilihan nama domain yang dipilih karena nama domain tidak bisa dirubah.

membuat website di domainesia
Menentukan nama domain, sumber: Domainesia

Langkah 8 – Tentukan username dan password yang akan teman-teman gunakan nantinya dalam mengelola website. Pastikan membuat username dan password yang unik dan mudah untuk diingat.

membuat website di domainesia
Membuat username dan password, sumber: Domainesia

Langkah 9 – Setelah itu klik button Masukkan Trolli.

membuat website di domainesia
Klik Masukkan Trolli, sumber: Domainesia

Langkah 10 – Pada halaman Trolli teman-teman Jejeblog bisa melihat detail item/produk yang teman-teman beli. Jika sudah yakin dan tidak ada tambahan lainnya silahkan melanjutkan dengan klik button Selesaikan & Bayar.

membuat website di domainesia
Lanjut ke pembayaran, sumber:Domainesia

Langkah 11 – Silahkan teman-teman melakukan transaksi pembayaran untuk melunasi item/produk yang akan dibeli. Jika teman-teman sudah melakukan pembayaran maka teman-teman akan mendapatkan invoice di alamat email lengkap dengan informasi akun website teman-teman.

membuat website di domainesia
Invoice, sumber: Domainesia

Bagaimana teman-teman mudah kan membuat website sendiri menggunakan fitur Instant Deploy DomaiNesia? Teman-teman ga perlu waktu lama untuk bisa mempunyai website sendiri. Sedikit tambahan informasi jika teman-teman Jejeblog hanya ingin membeli domain atau hosting saja di DomaiNesia bisa-bisa saja kok. Berikut ini caranya.

Membeli Hosting di DomaiNesia

Jika teman-teman Jejeblog hanya ingin membeli hosting di DomaiNesia silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini

membuat website di domainesia
Cara membeli hosting di Domainesia, sumber: Domainesia

Membeli Domain

Jika teman-teman Jejeblog hanya ingin membeli domain di DomaiNesia silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

membuat website di domainesia
Cara membeli domain di Domainesia, sumber: Domainesia

Penutup

DomaiNesia adalah perusahaan web hosting yang sudah tidak perlu diragukan lagi kehandalannya. Sudah banyak klien-kliennya dari seperti Indoluxe Hotel Jogjakarta, Predict Labs, ITB Careers Center dan masih banyak lagi yang lainnya. DomaiNesia memiliki tiga produk yang ditawarkan yaitu Domain, Hosting dan Web Apps. Fitur-fitur yang disediakan oleh DomaiNesia juga sangat unggul. Apalagi fitur Instant Deploy DomaiNesia benar-benar membantu orang-orang yang ingin membuat website sendiri tanpa harus belajar koding terlebih dahulu. Hadirnya fitur Instant Deploy DomaiNesia ini menjawab pertanyaan kalau membuat website itu sulit adalah salah besar.

“Yuk Buat Websitemu Sendiri Di DomaiNesia”

1,000 total views, 5 views today

Check Also

bocoran harga iphone 7

Daftar Harga iPhone 7 Beredar Luas di Dunia Maya

Pecinta iPhone tentu sangat menanti-nanti sekali kehadiran iPhone 7. Di sela-sela menunggu ini para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *