Home » Chit-Chat » Bukan Zamannya Untuk Malas

Bukan Zamannya Untuk Malas

Zaman sekarang untuk mendapatkan sebuah data atau informasi sangat mudah dan cepat. Ngga kebayang kalau saat ini teknologi-teknologi terutama internet ngga berkembang pesat seperti sekarang. Mungkin benar-benar bakal jadi manusia yang sibuk karena harus kesana kemari untuk mendapatkan atau mencari suatu data ataupun informasi yang dibutuhkan.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat di zaman ini bagaikan pisau. Di satu sisi orang-orang yang bisa memanfaatkan teknologi tersebut bisa diuntungkan karena kemudahannya untuk mendapatkan data ataupun informasi yang dicari. Namun disisi lain teknologi-teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk berbuat suatu kejahatan. Saya ngga mau membahas di sisi buruknya yah, saya ingin sedikit membahas teknologi tersebut di sisi baiknya.

Saya termasuk orang yang bersyukur banget bisa hidup di zaman sekarang, zaman dimana teknologi bisa berkembang dengan sangat pesat dan saya bisa merasakan sebagai user (pengguna) teknologi-teknologi tersebut, terutama teknologi internet. Jelas banyak sekali manfaat yang saya rasakan dengan hadirnya teknologi internet ini. Sangat banyak membantu ketika saya mencari informasi-informasi yang dibutuhkan entah untuk tugas kuliah ataupun hanya untuk menambah wawasan saja. Namun, disisi lain saya sangat merasakan kesal, masih ada saja orang diluar sana yang sepertinya “malas” untuk mencari informasi di dunia maya ini. Izin buat cerita sedikit yah gaes

Jadi, beberapa waktu yang lalu teman saya minta tolong ke saya untuk mempartisi HDD eksternalnya. Saya bilang ke teman saya untuk mencari dulu tutorialnya di internet nah kalau ada yang bingung baru tanyakan ke saya. Eh teman saya nyeletuknya ngga enak, teman saya bilang “lama kalau mesti cari-cari lagi di internet, kan ada yang bisa, jadi bisa lebih cepat”. Hmmm jujur saja saya geram dengan balasan teman saya tersebut, disamping saya juga lagi mengerjakan beberapa tugas kuliah ditambah lagi ini teman kayanya ngajak ribut banget hahaha. Ok akhirnya janjian di kosan saya untuk saya bantu melakukan partisi HDDnya. Saat melakukan proses partisi HDD saya tanya-tanya ke teman saya tersebut, kenapa ngga mau manfaatin internet, toh cukup ke Google kemudian ketikkan keyword “cara mempartisi HDD” pasti akan keluar semua dari video dan artikelnya. Dengan mantap teman saya bilang “Males euy, kan ada yang bisa, kenapa ngga dimanfaatin?” beuh…beuh…rada mateng nih hati hahaha.

Itu sepenggal cerita saya mengenai seorang teman yang menurut saya belum bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal. Bukannya saya tidak mau membantu, tapi kan memang ada baiknya kita mencari informasi terlebih dahulu dan mencobanya. Baru ketika mendapat kesulitan kita bisa bertanya ke orang yang sudah berpengalaman. Orang-orang seperti inilah yang saya anggap “malas” untuk mencoba ataupun mencari informasi. Bukannya di zaman sekarang kita dituntut untuk lebih kreatif lagi karena zaman sekarang yang namanya informasi sudah bisa didapatkan dengan cepat? Terkadang saya juga berpikir apakah orang-orang seperti cerita saya diatas bisa bertahan di era yang serba modern saat ini, jika apa-apa harus mengandalkan orang lain terlebih dahulu? Bukannya lebih baik untuk mencobanya sendiri terlebih dahulu, toh jika gagal akan menjadi suatu pelajaran kan?? Orang sukses pun pernah terjatuh dan gagal beberapa kali sampai akhirnya mereka bisa dikenal banyak orang, iya kan??

Pada akhir tulisan ini saya ingin berpesan ke teman-teman semua, jangan malas untuk memanfaatkan teknologi untuk mencari informasi. Coba dan coba. Terus lahirkan rasa penasaran kalian, semakin banyak mencoba dan gagal, semakin paham juga kita untuk memperbaikinya. Berpikirlah bahwa ngga selamanya orang-orang yang bisa membantu kita akan terus membantu atau akan selalu ada saat kita butuhkan. So, manfaatkan teknologi semaksimal mungkin dengan baik dan benar!

656 total views, 1 views today

Check Also

aplikasi untuk mudik

Aplikasi Wajib Untuk Mudik

Wah ga terasa yah sudah di akhir bulan Ramadhan aja. Gimana puasanya nih teman-teman Jejeblog? …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *